Studi tentang pemahaman peserta didik terhadap perundungan di SMP Negeri 11 Yogyakarta

Authors

  • Aulia Ariska
  • Trisna Sukmayadi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/citizenship.v2i2.17987

Keywords:

perundungan, peserta didik, bullying

Abstract

Pemahaman tentang perundungan (bullying) sangat penting bagi para peserta didik, supaya mereka tidak lagi menjadi korban perundungan (bullying) pihak tertentu. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat pemahaman peserta didik terhadap Perundungan (bullying). Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian peserta didik kelas VIII dan IX SMP Negeri 11 Yogyakarta, dan objek penelitian adalah pemahaman peserta didik tentang perundungan (bullying). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi terhadap lingkungan sekolah dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, klasifikasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peserta didik mengetahui mampu menerjemahkan arti perundungan; (2) peserta didik mampu mengetahui faktor penyebab dan bentuk-bentuk perundungan (bullying); (3) peserta didik mampu memahami dampak perundungan dan mampu memberikan solusi permasalahan.

Downloads

Published

2019-07-31

Issue

Section

Articles