Peranan organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.17922Keywords:
ikatan mahasiswa muhammadiyah, kader, keterampilan berpartisipasi, keterampilan kewarganegaranAbstract
Partisipasi warga negara sangat mempengaruhi kemajuan suatu bangsa, termasuk partisipasi dari kader IMM. Fakta menunjukkan bahwa tingkat partisipasi kader IMM di masyarakat belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh belum pahamnya kader IMM tentang keterampilan dalam berpartisipasi. Keterampilan berpartisipasi meliputi keterampilan berinteraksi, memantau dan mempengaruhi merupakan bagian dari keterampilan kewarganegaraan yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus sebagai salah satu tradisi penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Ketua Bidang Kader, Ketua Bidang Hikmah, Ketua Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan, Ketua Bidang Organisasi dan Sekretaris Bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat. Objek penelitian ini adalah peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader yang meliputi program kerja, pelaksanaan program kerja, dan evaluasi dan tindak lanjut/ follow-up. Teknik pengumpulan data ini meliputi wawancara dan studi dokumen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan pedoman studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi sudah berperan dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader yaitu: Pertama, dilakukan melalui program kerja yang meliputi kegiatan Darul Arqam Dasar, Sekolah Pelopor Kader, Perisai Merah, dan Sekolah Kerakyatan; Kedua, dalam pelaksanaan program kerja tersebut, hasil yang diperoleh masih belum maksimal; Ketiga, faktor yang mempengaruhinya adalah koordinasi antara Pimpinan Cabang, Pimpinan Komisariat dan seluruh kader yang belum maksimal, dan masa jabatan yang hanya sebentar. Sehingga perlu adanya tindak lanjut berupa peningkatan koordinasi antara pimpinan cabang, pimpinan komisariat dan seluruh kader serta perlu adanya program kerja khusus maupun program kerja lainnya yang mengintegrasikan keterampilan-keterampilan berpartisipasi.
References
Agustina, L. T. (2019, Agustus 3). Bagaimana Peranan Organisasi IMM Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader (Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Evaluasi dan Tindakan/follow-up Program Kerja). (V. S. Malik, Interviewer)
Budiarjo, M. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.
Darmawan, R. A. (2019, Agustus 6). Bagaimana Peranan Organisasi IMM Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader (Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Evaluasi dan Tindakan/follow-up Program Kerja). (V. S. Malik, Interviewer)
Hariyanto, P. (2018). Masyarakat Harus Waspadai Ideologi Pengganti Pancasila. Yogykarta: Sindo News.
Kindi, P. C. (2019). Tanfiz Pimpinan Cabang Djazman Al Kindi Periode 2018/2019.
Kuriawan, S. J. (2019, Agustus 3). Bagaimana Peranan Organisasi IMM Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader (Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Evaluasi dan Tindakan/follow-up Program Kerja). (V. S. H.Malik, Interviewer)
Kurniawan, M. C. (2019, Agustus 6). Bagaimana Peranan Organisasi IMM Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader (Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Evaluasi dan Tindakan/follow-up Program Kerja). (V. S. Malik, Interviewer)
Nurdin, I. M. (2019, Juli 31). Bagaimana Peranan Organisasi IMM Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader (Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Evaluasi dan Tindakan/follow-up Program Kerja). (V. S. Malik, Interviewer)
Pribadi, I. (2016). Peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Dalam Pembentukan Perilaku Beragama Mahasiswa di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Jurnal Voice Of Midwifery, 05(07), 39-54.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, & Syaodih, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sustanti, K., Sobar, M., Kusumaningrum, A., Abdul, M., Kurrotul, Fauzi, R., et al. (2011). Sistem Pengkaderan Ikatan. Jakarta Pusat: Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.
Tukiran. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Bandung: Alfabeta.
Winataputra, & Budimansyah. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran). Bandung: Widya Aksara Press.
Yakub. (2011). PC.IMM Kota Makasar. Retrieved September 22, 2019, from https://immmakassar.wordpress.com/polemik-kaderisasi-ikatan-mahasiswa-muhammadiyah/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License BY-NC-SA 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.