Penggunaan metode proyek bertahap untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PPKn
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.17770Keywords:
metode proyek bertahap, peningkatan motivasi belajar, tipe STADAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah yang ditemui adalah kurangnya motivasi dalam PPKn. Subjek penelitian adalah siswa. Kelas XI Sosial 1 MAN 3 Bantul pada tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil yang dicapai setelah pembelajaran menggunakan Metode Proyek Bertahap pengembangan dari tipe STAD yaitu: 1) Pada siklus 1 pertemuan 2 terdapat peningkatan peserta didik yang semangat terlibat dalam pembelajaran sebesar 2,71%. Pada siklus 2 pertemuan 1 terdapat peningkatan sebesar 2,92%. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 2 terdapat peningkatan sebesar 5,48%; 2) Tanggapan siswa terhadap Metode Proyek Bertahap positif, ditunjukkan dengan hasil angket yaitu yang memilih opsi Sangat Setuju 18%, Setuju 36,4%, Ragu-ragu 36,8%, Tidak Setuju 8,4%, Sangat Tidak Setuju 0,4%. Dari analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Metode Proyek Bertahap mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License BY-NC-SA 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.