Sikap Nasionalisme Siswa terhadap Lagu Kebangsaan Indonesia Raya di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan

Sri Kartiningsih, Sumaryati Sumaryati

Abstract


Sikap siswa terhadap lagu kebangsaan Indonesia Raya menjadi berarti bagi generasi penerus bangsa, yang diharapkan menjadi warga negara yang cerdas dan warga negara yang baik. Salah satu yang harus dimiliki untuk menjadi warga negara yang baik adalah memiliki sikap nasionalisme. Untuk mewujudkan sikap nasionalsime bagi siswa salah satunya siswa harus memiliki sikap terhadap lagu kebangsaanan Indonesia Raya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap nasionalisme siswa kelas VII terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya di SMP Muhammadiyah 1 PrambananTahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap nasionalisme siswa kelas VII terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013. Objek dalam penelitian ini adalah Sikap siswa terhadap lagu kebangsaaan Indonesia Raya. Metode Pengumpulan data berupa wawancara, observasi. TeknikAnalisis data menggunakan reduksi, klasifikasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap nasionalisme siswa kelas VII terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013 adalah siswa mengetahui siapa pencipta lagu kebangsaaan Indonesia Raya, mengetahui makna yang terkandung dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya, merespon dengan rasa senang terhadap lagu ciptaan WR. Supratman, menyanyikannya penuh semangat dan setuju jika sebagai siswa itu harus belajar, berjuang untuk meraih cita-cita demi bangsanya dan melaksanakannya penuh semangat, kompak serta berusaha mewujudkan makna yang terkandung dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya misalnya menjalin kedudukan yang sama antar teman tanpa membeda-bedakan. 


Keywords


Sikap Nasionalisme; Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2011). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2007). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: PT Bulan Bintang.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sularto, B. (2007). Sejarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Jakarta: Balai Pustaka

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.2011. Bandung: Fokus Media.

http://id.wikipedia.org/wiki/Wage_Rudolf_Soepratman diunduh pada tanggal 16 April 2013, pada pukul 19.57 wib.

http://pancasila.weebly.com/pengertian-nasionalisme.html dunduh pada tanggal 07 September 2013, pada pukul 19.00 wib




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.10677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Kartiningsih, Sumaryati Sumaryati

Our journal indexed by:

 

Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

J.Citizenship Counter