Peranan Pembina Pramuka dalam Mengembangkan Karakter Kepemimpinan Siswa di SMP Negeri 3 Depok Sleman
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.10676Keywords:
Pembina Pramuka, Karakter KepemimpinanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Pembina Pramuka dalam mengembangkan karakter kepemimpinan siswa di SMP Negeri 3 Depok Sleman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, unitisasi dan kategorisasi, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peranan Pembina Pramuka dalam mengembangkan karakter kepemimpinan siswa di SMP Negeri 3 Depok Sleman adalah: 1) Dalam aspek pengembangan integritas siswa, Pembina Pramuka melibatkan siswa dalam merencanakan program kegiatan, menampilkan sikap dan perilaku yang baik dan memberikan kesempatan kepada beberapa siswa yang sudah diangkat sebagai Dewan Penggalang untuk ikut membantu membina; 2) Dalam aspek pengembangan kecerdasan siswa, Pembina Pramuka memberikan materi-materi atau kegiatan yang mengajak siswa untuk berfikir dalam menyelesaikannya; 3) Dalam aspek pengembangan keberanian siswa, Pembina Pramuka memberikan materi-materi latihan yang sifatnya menarik dan menantang; 4) Dalam aspek pengembangan inisiatif siswa, Pembina pramuka memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk mengekspresikan idenya dalam kegiatan; 5) Dalam aspek pengembangan penilaian siswa, Pembina Pramuka memberikan tugas individu maupun kelompok kepada siswa.
References
Anggadiredja, Jana T, dkk. (2011). Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum Penggalang. Jakarta: Kwarnas Gerakan Pramuka.
Kartono, Kartini. (2011). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (LPKGPTN). (tt). Panduan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Yogyakarta: Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Tingkat Nasional
Moleong, Lexy, J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Husada
Muliawan, J.S. (2008). Epistemologi Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional). Jakarta: Bumi Aksara
Poerwadarminta, W.J.S. (1995). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT.Balai Pustaka
Timpe, A Dale. (1993). Kepemimpinan. Jakarta: PT Elex Komputindo
UU Republik Indonesia No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
http://esco1011.blogspot.com/2011/08/pramukapenggalang.html (diakses pukul 20.00, tanggal 14 april 2013)
http://setkab.go.id/berita-8083-kurikulum-2013-pramuka-jadi-kegiatan-wajib-ekstrakurikuler.html (diakses pukul 21.00, tanggal 7 juli 2013)
http://surabaya.okezone.com/read/2013/07/09/521/834303/pembina-pramuka-cabuli-siswi-smp-saat-acara-perkemahan (diakses pukul 21.25, tanggal 7 juli 2013)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License BY-NC-SA 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.