ANALISIS LITERASI MEDIA TELEVISI DALAM KELUARGA (Studi Deskriptif Pendampingan Anak Saat Menonton Televisi Di SD Islam Al Ulum Terpadu Medan)

Authors

  • Rahmanita Ginting Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Sri Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v5i2.7979

Abstract

Abstrak
Televisi merupakan media massa yang banyak dimanfaatkan oleh orangtua dan anak dalam
memperoleh beragam informasi dan hiburan, namun tanpa memahami struktur pengetahuan dan
keterampilan dalam literasi media maka orangtua akan kesulitan dalam memberikan informasi
yang seimbang pada saat mendampingi anak menonton televisi. Penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan struktur pengetahuan literasi media yang dipahami oleh orangtua dan menjelaskan
keterampilan (skills) literasi media yang sebaiknya dimiliki oleh orangtua pada saat mendampingi
anak menonton televisi di SD Islam Al Ullum Terpadu Medan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan pendapat objek yang diteliti berdasarkan
fakta yang ada di lapangan mengenai literasi media dalam keluarga sebagai proses pendampingan
pada saat menonton televisi pada anak di SD Islam Al Ulum Terpadu Medan. Subjek dalam
penelitian ini adalah keluarga. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menyebutkan bahwa struktur pengetahuan yang dipahami oleh orangtua meliputi
pengetahuan isi pesan, pengetahuan industri media, dan pengetahuan efek media. Sedangkan
keterampilan literasi media yang dimiliki orangtua sebaiknya meliputi analisis, evaluasi,
pengelompokan, induksi, deduksi, sintesis, dan abstraksi. Namun pengetahuan dan keterampilan
literasi media yang dimiliki oleh orangtua masih berada pada proses pemahaman saja, sehingga
pada saaat mendampingi anak menonton televisi orangtua hanya memberikan informasi
sekedarnya.
Kata Kunci: Literasi Media, Pendampingan menonton televisi, Keluarga

Downloads

Published

2017-10-01

Issue

Section

Articles