MEMBEDAH MAKNA TEMAN MURNI DALAM IKLAN BEAR BRAND (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Bear Brand Versi ‘Teman Murni’)
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v5i2.7975Abstract
AbstrakSebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari pengaruh manusia lain. Karena pada
dasarnya didalam diri manusia ada dorongan untuk berhubungan dengan orang lain.
Hal inilah yang membuat nilai sosial pertemanan sangat sering kita jumpai dalam kehidupan
kita. Pertemananpun seringkali menjadi tema utama dalam sebuah iklan komersil, seperti iklan
Bear Brand yang menjadikan “Teman Murni†sebagai tagline nya. Betapa seorang teman murni
menjadi sebuah kekuatan yang mampu membuat seseorang mampu bertahan dalam menghadapi
cobaan hidup.
Analisa ini menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk membedah tandatanda
yang ditampilkan dalam iklan secara konotasi, denotasi dan mitos. Kemudian penulis juga
menggunakan komunikasi kinesik untuk membedah tanda yang berada pada ranah facial sign,
gesture serta body posture.
Kesimpulan dari analisa ini, level denotasi yang ditampilkan ‘meminjam’ moment yang
sedang muncul pada saat itu, yaitu tahun baru Imlek. Sedangkan pada level konotasi, tanda yang
ditampilkan didukung oleh komunikasi kinesik yang baik sehingga makna teman murni sebagai
representasi teman sejati tersaji dengan baik dalam iklan ini. Iklan ini mencoba mendekonstruksi
makna sebuah kesuksesan. Sukses tidak cukup dengan materi yang berlimpah, sukses yang
sebenarnya adalah bagaimana kita menyikapi secara positif pencapaian yang telah kita raih,
menikmati dan mensyukurinya. Sukses yang sebenarnya adalah ketika kita dapat membahagiakan
orang-orang disekitar kita dan ‘teman murni’ adalah bagian dari proses untuk mencapai sebuah
kesuksesan.
Kata Kunci: Iklan, Makna, Teman Murni, Semiotika Roland Barthes.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.