MOTIVASI PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE SHOPPING PADA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Motivasi Konsumen dalam Melakukan Pembelian Online Pada Instagram)

Authors

  • Dewa Ayu Cistaning Universitas Telkom
  • Catur Nugroho Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v5i2.7974

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan aktivitas
online shopping yang berdampak langsung terhadap tingginya pembelian impulsif pada instagram.
Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswi dari beragam universitas di Kota Bandung. Peneliti
menggunakan metode deskriptif kualitiatif guna mendeskripsikan secara menyeluruh dan mendalam
mengenai motivasi pembelian impulsif dalam aktivitas online shopping pada instagram. Penelitian
ini menggunakan paradigma konstruktivis dan menggunakan tehnik wawancara mendalam serta
observasi dalam proses pengumpulan hasil penelitan.
Hasil penelitian menunjukan adanya motif utilitarian atau motif irrasional yang
mendominasi argumentasi para informan yang kerap melakukan pembelian impulsif. Karakteristik
pribadi yang mempengaruhi adalah umur dan daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup
dan konsep diri. Sedangkan, faktor eksternal yang paling mempengaruhi adalah faktor lingkungan.
Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan motivasi pembelian impulsif dalam kegiatan online
shopping adalah hadirnya hasrat hedonistik, kebutuhan self esteem dan self actualization, persepsi
konsumen terhadap pengambilan keputusan dan persepsi konsumen terhadap keputusan. Selain itu,
peneliti menemukan keberalihan cara pandang setiap konsumen terhadap suatu produk. Para
konsumen tidak hanya melihat dari fungsinya saja sebagai suatu kebutuhan, namun, melihatnya
sebagai alat pemenuhan kepuasaan dan pengaktualisasian diri.
Kata kunci: motivasi belanja, online shopping, pembelian impulsif, instagram

Downloads

Published

2017-10-01

Issue

Section

Articles