MOTIVASI PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE SHOPPING PADA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Motivasi Konsumen dalam Melakukan Pembelian Online Pada Instagram)
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v5i2.7974Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan aktivitas
online shopping yang berdampak langsung terhadap tingginya pembelian impulsif pada instagram.
Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswi dari beragam universitas di Kota Bandung. Peneliti
menggunakan metode deskriptif kualitiatif guna mendeskripsikan secara menyeluruh dan mendalam
mengenai motivasi pembelian impulsif dalam aktivitas online shopping pada instagram. Penelitian
ini menggunakan paradigma konstruktivis dan menggunakan tehnik wawancara mendalam serta
observasi dalam proses pengumpulan hasil penelitan.
Hasil penelitian menunjukan adanya motif utilitarian atau motif irrasional yang
mendominasi argumentasi para informan yang kerap melakukan pembelian impulsif. Karakteristik
pribadi yang mempengaruhi adalah umur dan daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup
dan konsep diri. Sedangkan, faktor eksternal yang paling mempengaruhi adalah faktor lingkungan.
Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan motivasi pembelian impulsif dalam kegiatan online
shopping adalah hadirnya hasrat hedonistik, kebutuhan self esteem dan self actualization, persepsi
konsumen terhadap pengambilan keputusan dan persepsi konsumen terhadap keputusan. Selain itu,
peneliti menemukan keberalihan cara pandang setiap konsumen terhadap suatu produk. Para
konsumen tidak hanya melihat dari fungsinya saja sebagai suatu kebutuhan, namun, melihatnya
sebagai alat pemenuhan kepuasaan dan pengaktualisasian diri.
Kata kunci: motivasi belanja, online shopping, pembelian impulsif, instagram
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.