EFEKTIVITAS CSR DALAM MENGANTISIPASI KRISIS MELALUI PENDEKATAN INVESTASI SOSIAL (PROGRAM CSR “MASAK BESAR 2.705 PORSI NASI GORENG” JOGJA CITY MALL)

Authors

  • Raditia Yudistira Sujanto Universitas Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6356

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti pada pentingnya bagi sebuah
organisasi untuk melakukan investasi sosial dalam masyarakat, terutama dalam masyarakat sekitar
berdirinya organisasi. Investasi sosial dapat dilaksanakan melalui program corporate social
responsibility (CSR). Pelaksanaan CSR itu sendiri sebaiknya dilakukan selama tahap pra-krisis
atau selama masa manajemen isu. Objek penelitian ini adalah program CSR Jogja City Mall (JCM)
yang bertajuk “Masak Besar 2.705 Porsi Nasi Goreng†di mana anggota masyarakat diundang
untuk terlibat langsung di dalamnya. JCM sendiri sebelumnya sempat dilanda beberapa keluhan
dan sikap tidak suka dari pihak masyarakat sekitar. Peneliti kemudian ingin mencari tahu efektivitas
program CSR dalam mengantisipasi krisis bagi organisasi sekaligus sebagai bentuk investasi sosial
perusahaan.
Kata kunci: investasi sosial, CSR, manajemen isu, antisipasi krisis.

Downloads

Published

2017-04-01

Issue

Section

Articles