EFEKTIVITAS CSR DALAM MENGANTISIPASI KRISIS MELALUI PENDEKATAN INVESTASI SOSIAL (PROGRAM CSR “MASAK BESAR 2.705 PORSI NASI GORENG†JOGJA CITY MALL)
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6356Abstract
ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti pada pentingnya bagi sebuah
organisasi untuk melakukan investasi sosial dalam masyarakat, terutama dalam masyarakat sekitar
berdirinya organisasi. Investasi sosial dapat dilaksanakan melalui program corporate social
responsibility (CSR). Pelaksanaan CSR itu sendiri sebaiknya dilakukan selama tahap pra-krisis
atau selama masa manajemen isu. Objek penelitian ini adalah program CSR Jogja City Mall (JCM)
yang bertajuk “Masak Besar 2.705 Porsi Nasi Goreng†di mana anggota masyarakat diundang
untuk terlibat langsung di dalamnya. JCM sendiri sebelumnya sempat dilanda beberapa keluhan
dan sikap tidak suka dari pihak masyarakat sekitar. Peneliti kemudian ingin mencari tahu efektivitas
program CSR dalam mengantisipasi krisis bagi organisasi sekaligus sebagai bentuk investasi sosial
perusahaan.
Kata kunci: investasi sosial, CSR, manajemen isu, antisipasi krisis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.