ANALISIS KOMUNIKASI BIROKRASI ATAS KUALITAS LAYANAN PUBLIKDI WILAYAH ADMINISTRASIKABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Rana Akbari Fitriawan Universitas Telkom Bandung

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6354

Abstract

Abstrak
Rendahnya kualitas pelayanan birokrasi di Indonesia terjadi di semua organisasi atau
birokrasi pemerintahan sebagaimana sering diberitakan di berbagai media massa, antara lain di
lingkungan pemerintahan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ketidakjelasan penyampaian informasi
serta ketidaksetaraan antara masyarakat dan birokrasi dalam berkomunikasi merupakan salah satu
masalah yang menjadi penyebabnya. Pada jangka panjang ini akan berimbas pada ketidakmampuan
pemerintah dalam mewujudkan tata laksanan pemerintahan yang baik (good governance).
Penelitian ini mencoba menganalisis berbagai gejala sosial yang terlihat dalam alur
komunikasi birokrasi, sehingga dapat diketahui secara ilmiah tentang implikasi komunikasi
birokrasi atas kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dan ketergunaan konsep serta model
komunikasi birokrasi terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Bandung.
Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang erat antara komunikasi birokrasi dengan
kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Ini mengindikasikan elemen-elemen dalam komunikasi
birokrasi berpengaruh besar terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.
Kata kunci: Komunikasi birokrasi, pelayanan publik.

Downloads

Published

2017-04-01

Issue

Section

Articles