ANALISIS AKTIVITAS PEMBETUKAN CITRA POLITIK HARY TANOESOEDIBJO Studi Semiotika Peirce pada Iklan TV Perindo “Mars Perindo Versi 2â€
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6353Abstract
ABSTRAKIklan merupakan bagian penting dari pemasaran suatu produk dan jasa. Dewasa ini iklan
televisi mulai dimasuki oleh iklan partai politik, terutama saat akan diadakannya Pemilu. Partai
politik mulai berlomba untuk berkampanye melalui iklan televisi guna mendapatkan suara dari
masyarakat saat hari pemilihan tiba. Berlaku juga pada partai Perindo yang baru saja berdiri dan
diketuai oleh Hary Tanoesoedibjo yang juga sebagai pemilik media di Indonesia. Hary
Tanoesoedibjo memang sudah dikenal baik sebagai seorang pengusaha namun karir politiknya
masih terbilang baru. Berawal dari hal tersebut maka penulis ingin meneliti lebih jauh bagaimana
citra politik yang ditampilkan oleh Hary Tanoesoedibjo dalam iklan TV Perindo versi mars Perindo.
Penelitian ini bertujuan juga untuk mengetahui citra politik yang ditampilkan Hary Tanoesoedibjo
dalam iklan TV Perindo versi mars Perindo. Dalam meneliti citra politik Hary Tanoesoedibjo,
penulis menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan menggunakan analisis
semiotika Charles Sanders Peirce melalui pengumpulan data berupa observasi dan tinjuan
literatur. Objek dari penelitian ini adalah pencitraan politik Hary Tanoesoedibjo dalam iklan
Perindo versi mars Perindo dengan 15 adegan dalam iklan sebagai unit analisis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pencitraan politik Hary Tanoesoedibjo dibagi atas empat kategorisasi, yaitu
persepsi mengenai citra kandidat politik, persepsi mengenai citra partai politik, persepsi mengenai
citra kandidat politik dalam menanggapi isu, persepsi mengenai peristiwa dalam kampanye politik.
Kata kunci: pencitraan politik, hary tanoesoedibjo, semiotika, charles sanders peirce, iklan
televisi, ikon indeks simbol.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.