POLA KOMUNIKASI LPM SUAKA UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK PADA KEGIATAN JURNALISTIK (Studi Kasus Lembaga Pers Mahasiswa Suaka UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Authors

  • Muhammad Abassi Ali Bilhadj Universitas Telkom Bandung

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6350

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola komunikasi penyelesaian konflik pada
kegiatan jurnalistik yang dilakuakan Lembaga Pers Mahasiswa Suaka UIN Suanan Gunung Djati
Bandung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana
pola komunikasi penyelesaian konflik serta tahapan yang dilakukan untuk mengatasi konflik
berkepanjangan terhadap kegiatan jurnalistik yang terjadi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, untuk memenuhi tujuan penelitian penelitian,
peneliti menggunakan paradigma kritis, dengan menggunakan analisis pola komunikasi organiasi
dan manajemen konflik organisasi.
Hasil penelitian menunjukkan komunikasi organisasi harus dilakukan dengan menerapkan
komunikasi internal dan pola komunikasi eksternal, penerapan komunikasi internal terdiri dari pola
komunikasi vertikal, pola komunikasi horizontal, dan pola komunikasi diagonal, sedangkan komunikasi
eksternal dibangun menggunakan pola komunikasi dari organisasi ke khalayak dan pola
komunikasi dari khalayak ke organisasi.
Komunikasi internal organisasi dibentuk lewat pola komunikasi vertikal, diterapkan pada
komunikasi antara atasan dengan bawahan. Pola komunikasi horizontal, yang diterapkan pada
komunikasi antar bawahan atau anggota, dan pola komunikasi diagonal, yang diterapkan pada
komunikasi antara kepala divisi dengan bawahan di luar divisi yang di bawahi. Pada komunikasi
eksternal dibentuk lewat pola komunikasi dari organisasi ke khalayak, komunikasi yang dilakuakan
organisasi untuk menjalin hubungan atau memecahkan masalah dengan organisasi eksternal. Pola
komunikasi dari khalayak ke organisasi, komunikasi yang dilakuakan sebagai respon dari kegiatan
yang dilakukan organisasi, yang direspon oleh organisasi eksternal atau khalayak. Pola untuk
memecahkan konflik yang terjadi yaitu menggunakan beberapa tahapan menajemen konflik organisasi,
yaitu tahap pengenalan, tahap diagnosis, tahap menyepakati suatu solusi, tahap pelaksanaan
dan ditutup dengan langkah evaluasi.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, manajemen konfik organisasi, jurnalistik, lembaga pers mahasiswa.

Downloads

Published

2017-04-01

Issue

Section

Articles