Comparing Media Consumption: Everyday Life in Information Seeking System (Eliss) on Nahdlatul Ulama And Muhammadiyah Ulama Behavior

Authors

  • Rama Kertamukti

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v4i1.4206

Abstract

Banyak hal menarik yang bisa kita teliti tentang organisasi besar di Indonesia. Studi pada perilaku informasi dari ulama di Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama sebagai CBO mayoritas di Indonesia dapat dilihat dari sosial dan budaya modal, nilai-nilai, komunikasi dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemenuhan kebutuhan agama dalam mencari informasi di media antara Ulama Muhammadiyah dan NU. Penelitian ini juga melihat proses aspek motivasi internal dipengaruhi pemikiran individu dan tindakan dalam pemenuhan kebutuhan religius pada kondisi bagaimana internal yang dapat dilihat dalam ekspresi yang terlihat dalam pemenuhan kebutuhan agama. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai jenis penelitian kualitatif dengan lapangan (karya lapangan/penelitian) dengan pendekatan spring ethnografi. Penelitian ini mengambil karakter ulama Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama di wilayah Yogyakarta. Ulama Muhammadiyah dan NU bersemangat akan mencari informasi untuk memenuhi kebutuhan agamanya melalui media. Setiap individu menyadari ada persyaratan yang dipuaskan dan secara aktif mencari hal-hal yang dapat memenuhi mereka. Ulama dan Muhammadiyah NU angka penuh semangat akan mencari informasi untuk memenuhi kebutuhan agamanya melalui media. Persyaratan adalah bahwa individu menyadari tujuan yang harus dicapai. Dalam hal ini, individu secara aktif akan mencari berbagai hal di media untuk memenuhi kebutuhan religius.

 

Kata kunci: eliss, konsumsi media, perilaku ulama

Author Biography

Rama Kertamukti

Staff Pengajar, Fakultas Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Downloads

Published

2016-04-01

Issue

Section

Articles