Analisis Isi pada Official Website PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten

Authors

  • Dedi Kurnia Syah Universitas Telkom Bandung

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v3i2.3271

Abstract

Komunikasi CSR adalah proses mengantisipasi harapan stakeholders, artikulasi terhadap kebijakan CSR, dan menata berbagai media komunikasi perusahaan untuk mengelola informasi CSR yang benar dan transparan (Podnar dalam Nwagbara dan Reid, 2013: 409-410). Di era digital, official Website merupakan salah satu media komunikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan CSR. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk merupakan bank emiten yang mengkomunikasikan CSR dengan mengalokasikan menu khusus CSR pada official Website. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi cyber CSR yang dilakukan oleh Bank BJB pada official Website. Penelitian ini menelaah analisis isi pesan CSR, penyajian informasi CSR, dan pola komunikasi CSR pada official Website perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi untuk menganalisis teks yang memuat informasi CSR Bank BJB pada official Website, analisis teks dilakukan dengan menggunakan teknik studi dokumentasi untuk mengumpulkan data yang sesuai dengan tujuan penelitian, yakni menemukan knsep utama terkait pola komunikasi CSR Bank BJB dengan pendekatan model public information, komunikasi CSR Bank BJB pada official webite bersifat one asymmetrical communication, sebagaimana official Website hanya didominasi oleh perusahaan.

Kata kunci: Komunikasi Cyber CSR, Informasi Publik CSR, Analisis Isi CSR, Two

Author Biography

Dedi Kurnia Syah, Universitas Telkom Bandung

Dosen Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom Bandung

Downloads

Published

2015-10-01

Issue

Section

Articles