Komunikasi CSR Program CSR Rumah Srikandi PT Sari Husada Yogyakarta Kepada Stakeholder
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v3i1.2418Abstract
Penelitian komunikasi corporate social responsibility (CSR) public relations kepada stakeholder PT Sari Husada Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas yang dilakukan public relations dalam mengkomunikasikan program corporate social responsibility (CSR) PT Sari Husada Yogyakarta kepada stakeholder internal dan eksternal. Obyek penelitian ini adalah program corporate social responsibility (CSR) PT Sari Husada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang memberikan gambaran secara mendetail tentang latarbelakang, sifat-sifat serta karakter yang khas dari kasus yang diteliti yakni bagaimana aktivitas yang dilakukan public relations dalam mengkomunikasikan program corporate social responsibility (CSR) kepada stakeholders internal dan eksternal PT Sari Husada Yogyakarta.
Â
Hasil yang diperoleh, PT Sari Husada melaksanakan program CSR Rumah Srikandi dengan melakukan kerjasama dengan PKPU Yogyakarta untuk pengelolaannya. Komunikasi kegiatan CSR dilakukan dengan mengandalkan media sosial berbasis online yang ditunjang oleh siaran pers untuk media massa dan pembuatan buletin. Kegiatan komunikasi yang telah dilakukan belum menunjukkan efektifitasnya karena persoalan sumberdaya manusia pengelolanya yang belum memadai dari sisi kemampuannya.
Â
Kata kunci: Komunikasi, public relations, corporate social responsibility (CSR), stakeholde.
Â
References
Pustaka:
Cutlip, Scoot M. Center, Allen H & Broom, Glen M. (2000). Effektive Public Relations. Penerjemah Ch Renete Pohan. Edisi kedelapan. Jakarta: Indeks
Fajar, Mukti (2010). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia: Studi tentang penerapan ketentuan CSR pada perusahaan multi nasional, swasta nasional & BUMN di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Iriantara, Yosal (2004). Community Relations. Konsep dan Aplikasinya: Bandung Simbiosa Rekatama Media
Jalal. Komunikasi Keberlanjutan, Kehumasan Gaya Baru diakses dari http://www.csrindonesia.com/data/resensi/20080319100029-resdoc.pdf
Post, James E., Lawrance, Anne T., dan Weber, James (1999). Business and Society: Corporate Strategy, Public Policy, Ethics, 9 edition, USA: Irwin McGraw-Hill
Untung, Hendrik Budi. (2009). Corporate social responsibility. Jakarta: Sinar Grafika Tanaya, Jimmy (2004). Tanggung Jawab Sosial Korporasi. Surakarta: The Business Watch
Indonesia
Moleong J, Lexy (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Nazir, Moh. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Wawancara:
Akhta Sehendra, Project Manager Rumah Srikandi, PKPU Yogyakarta
Endah Prasetyoningtyas, Public Relations Officer PT Sari Husada Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.