Ekonomi Politik Vincent Moscow oleh Media Online Entertainment kapanlagi.comâ„¢
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v3i1.2417Abstract
Â
KapanLagi.com salah satu media online yang banyak diakses oleh masyarakat di Indonesia. Media online ini menyediakan berbagai macam informasi terkait selebritis, dunia hiburan dan gaya hidup lainnya.
Â
Seiring perkembangannya, media online KapanLagi.com yang mengalami pasang surut. Demi mempertahankan eksistensi, profit merupakan salah satu ideologi yang harus selalu dipertahankan. Mekanisme pengumpulan profit dilakukan dengan mengadakan pemberitaan yang selalu berpacu dengan kecepatan waktu. Akibatnya setiap membuat pemberitaan tidak melakukan kroscek kebenaran, sehingga mengesankan pemberitaan yang asal-asalan.
Â
Jika dianalisa fenomena menggunakan kaca mata ekonomi politik, Vincent Moskow, menyebutkan bahwa dalam kegiatan produksi media online KapanLagi.com terdapat praktik komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi yang terjadi.
Â
Kata Kunci: media, online, infotainment, dan profit.
References
Pustaka:
Bakardjieva, Maria. Internet Society - The Internet in Everyday Life. Sage Publication. 2006. Newyork, Thousand Oaks, New Delhi.
Bell, David. An Introduction to Cybercultures. Routledge. 2001. London & Newyork. Herman Edward S.. Chomsky, Noam. Manufacturing Consent, The Political Economy of
Mass Media. Pantheon Book. Newyork.
Mosco, Vincent. The Political Economy of Communication. 2009. Sage Publication. Rianto, Puji. Yusuf, Iwan Awaluddin. Cahyono, Moch. Faried. Zhuri, Saifudin. Adiputra,
Wisnu Martha. Siregar, Amir Effendi. Dominasi TV Swasta (Nasional), Tergerusnya Keberagaman Isi dan Kepemilikan. PR2Media. 2012. Yogyakarta.
Santosa, Hedi Pudjo. Menelisik Lika-liku Infotainment di Media Televisi. Gapai Asa Media Prima. Yogyakarta.
Internet:
http://www.indonesianfilmcenter.com, diakses pada tanggal 20 April 2013. http://Kapanlagi.com, diakses pada tanggal 14 April 2013. http://Wikipedia/kapanlagi.com, diakses pada tanggal 13 April 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.