GASTRODIPLOMASI SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v8i1.15090Keywords:
Gastrodiplomasi, Diplomasi Publik, GastronomiAbstract
Gastrodiplomasi atau pemanfaatan kuliner sebagai media berdiplomasi telah dilakukan oleh beberapa Negara, seperti Thailand, Korea Selatan, dan Jepang. Indonesia, terutama Yogyakarta dengan ragam kuliner dan budaya juga turut mengembangkan kuliner sebagai strategi dalam diplomasi. Penelitian ini berfokus pada strategi pengembangan potensi pariwisata kuliner Yogyakarta melalui gastrodiplomasi. Dengan melihat angka peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Yogyakarta sebagai pengaruh dari strategi gastrodiplomasi. Selain itu, penelitian ini meninjau bagaimana pengaruh gastrodiplomasi dalam meningkatkan nation branding dan brand awareness negara lain terhadap Indonesia. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan wawancara dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa gastrodiplomasi adalah suatu upaya atau strategi dalam pengembangan potensi pariwisata dan memberikan pengaruh dalam peningkatan kunjungan turis dan citra positif Yogyakarta.
References
Buku
Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018. Statistik Indonesia : Statistical Yearbook Of Indonesia 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta. 2018. Kota Yogyakarta dalam Angka : Yogyakarta Municipality in Figure. Yogyakarta: Badan Pusat Statistik Yogyakarta
Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta. 2019. Kota Yogyakarta dalam Angka : Yogyakarta Municipality in Figure. Yogyakarta: Badan Pusat Statistik Yogyakarta
Hadari Nawawi. 1995. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Universitas Gajah Mada Yogyakarta
Koentjaraningrat. 1997. Sejarah Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia
Moleong, Lexy. 1999.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Patton, M.Q. 2001. Qualitative Research and Evaluation Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications
Jurnal
Kurniawan M, Wahyu. 2015. “Analisis Strategi Gastrodiplomasi Dalam Pendekatan Gastronasionalisme Terhadap Dinamika Perkembangan Ekonomi Politik Korea Selatanâ€, Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, Vol 3, No 03
Pujayanti, Adirini. 2017. Gastrodiplomasi – Upaya Memperkuat Diplomasi Indonesia.
Purwasito, Andrik dkk. 2016. “Gastrodiplomasi sebagai penjuru diplomasi ekonomi Indonesiaâ€. Surakarta: Kerjasama Penelitian dan pengembangan kebijakan Kemenlu dan Prodi HI Fisip Univ Sebelas Maret
Internet
Gudeg.Net. “Wonderfoof Otentik Jogja, Ajang Jadikan Kuliner Jadi Daya Tari Wisataâ€, 21 Maret 2019, diakses 25 September 2019, https://gudeg.net/read/12869/wonderfood-otentik-jogja-ajang-jadikan-kuliner-jadi-daya-tarik-wisata.html
Kementerian Luar Negeri, “Kuliner sebagai Bagian dari Diplomasi Ekonomi Indonesiaâ€, 15 November 2011, diakses 18 November 2019. http://www.kemlu.go.id/id/kebijakan/diplomasi-ekonomi
Kementerian Luar Negeri, “Meningkatkan Promosi Kuliner Indonesia ke Seluruh Dunia melalui Gastrodiplomasiâ€, 17 Oktober 2019, diakses 20 September 2019, https://kemlu.go.id/portal/id/read/688/berita/meningkatkan-promosi-kuliner-indonesia-ke-seluruh-dunia-melalui-gastrodiplomasi
Liputan 6, “Gastrodiplomasi, Upaya Promosi Kuliner Indonesia ke Seluruh Duniaâ€, 18 Oktober 2019, diakses 20 September 2019, https://www.liputan6.com/global/read/4088806/gastrodiplomasi-upaya-promosi-kuliner-indonesia-ke-seluruh-dunia
Lokal 101. “Festival Kuliner – Wonderfood Otentik Jogjaâ€, 23 Maret 2019, diakses 25 September 2019, https://lokal101.com/detail/68df70d0-43bb-11e9-bee4-87322f716685/festival-kuliner-wonderfood-otentik-jogja
Wawancara
Bahrul Muflih Nurhabib. 2019. “Strategi Gastrodiplomasi dalam Pengembangan Pariwisataâ€. Hasil Wawancara Pribadi: 13 November 2019, SDM Dinas Pariwisata Provinsi Yogyakarta
Erni. 2019. “Strategi Gastrodiplomasi dalam Pengembangan Pariwisataâ€. Hasil Wawancara Pribadi: 18 November 2019, Kantor Kepala Bidang Pengembangan SDM Dinas Pariwisata Provinsi Yogyakarta
L.S Don Charles. 2019. “Strategi Gastrodiplomasi dalam Pengembangan Pariwisataâ€. Hasil Wawancara Pribadi: 25 November 2019, Kantor Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.