Praktek Politik Kapitalis, Kekuasaan dan Kelas pada Tayangan Iklan Anak di Media Online
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v7i1.13019Keywords:
Politik kelas, Politik kekuasaan, Iklan anak, anak dan media onlineAbstract
ABSTRAK
Â
Politik kekuasaan mengacu pada pemahaman adanya praktek dominasi kekuasaan pada tayangan gambar dan pesan iklan. Demikian juga praktik dominasi kelas turut andil mewarnai iklan anak di media online. Dominasi kelas dan kekuasaan merupakan simbol ambisi kapitalis. Riset ini bertujuan membangun kesadaran adanya praktek kekuasaan dan praktek kelas pada iklan anak di media online.Â
Metode Semiotika dipergunakan untuk membedah praktik dominasi tersebut dalam perspektif teks media. Untuk mempertajam analisis kajian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan focus analisis pada kajian budaya. Budaya dipahami membangun pola pikir dan pola bertindak manusia diera online media.
Riset ini menghasilkan temuan adanya praktik kekuasaan dan kelas secara nyata pada pesan dan gambar iklan anak di media online. Makna pesan secara terselubung muncul berupa pesan-pesan halus yang tersamar. Media online juga telah melahirkan budaya khas generasi era millenia yang unik lain dari pada sebelumnya. Kebaruan riset ini adalah mencoba menampilkan teori baru dalam penggunaan media online baik bagi generasi pemakainya.  Riset ini menghasilan kesimpulan bahwa ada praktek dominasi kekuasaan dan kelas pada iklan anak di media online. Riset ini sangat terbatas dalam analisis terutama kajian teks media. Analisis bisa diperdalam dengan kajian budaya yang mampu membongkar praktek kekuasaan secara makro.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.