Social Media Chatbots for Collaborated Engagement Marketing

Authors

  • Ayu Amalia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Mohammad Sani Suprayogi GDILab Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v7i1.13015

Keywords:

ABSTRAK Berbicara tentang consumer goods, akan mencakup banyak aspek, beberapa diantaranya adalah kegunaan, inovasi, hingga preferensi, dan jika perbincangan telah sampai pada perihal preferensi maka merk-merk (brand) yang menduduki posisi top of mind aka

Abstract

ABSTRAK

Berbicara tentang consumer goods, akan mencakup banyak aspek, beberapa diantaranya adalah kegunaan, inovasi, hingga preferensi, dan jika perbincangan telah sampai pada perihal preferensi maka merk-merk (brand) yang menduduki posisi top of mind akan cenderung bertahan pada posisinya di benak konsumen. Brand yang telah sustainable tidak lagi membicarakan sales dan promosi sebagai hal yang sangat fundamental. Paralel dengan hal tersebut, mempertahankan loyalitas pelanggan yang menjadikan brand berada pada posisi top of mind, menjadi prioritas utama. Penelitian ini membahas implementasi chatbot dalam proses customer engagement sebagai bagian dari collaborated engagement marketing, merupakan kerjasama antara Danone AQUA dengan memanfaatkan social media platform Twitter dan Facebook, yang tujuan akhirnya adalah mempertahankan konsumen loyal untuk meningkatkan penjualan, dengan gimmick berupa tambahan saldo Go-Pay, yang bisa didapatkan oleh konsumen AQUA sekaligus pengguna aplikasi Go-Jek, dilakukan secara kolaboratif dengan menunjuk convenience stores, yaitu Indomaret dan Alfamart, untuk menjadi middle-men (agen penjual).

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Articles