Social Media Chatbots for Collaborated Engagement Marketing
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v7i1.13015Keywords:
ABSTRAK Berbicara tentang consumer goods, akan mencakup banyak aspek, beberapa diantaranya adalah kegunaan, inovasi, hingga preferensi, dan jika perbincangan telah sampai pada perihal preferensi maka merk-merk (brand) yang menduduki posisi top of mind akaAbstract
ABSTRAK
Berbicara tentang consumer goods, akan mencakup banyak aspek, beberapa diantaranya adalah kegunaan, inovasi, hingga preferensi, dan jika perbincangan telah sampai pada perihal preferensi maka merk-merk (brand) yang menduduki posisi top of mind akan cenderung bertahan pada posisinya di benak konsumen. Brand yang telah sustainable tidak lagi membicarakan sales dan promosi sebagai hal yang sangat fundamental. Paralel dengan hal tersebut, mempertahankan loyalitas pelanggan yang menjadikan brand berada pada posisi top of mind, menjadi prioritas utama. Penelitian ini membahas implementasi chatbot dalam proses customer engagement sebagai bagian dari collaborated engagement marketing, merupakan kerjasama antara Danone AQUA dengan memanfaatkan social media platform Twitter dan Facebook, yang tujuan akhirnya adalah mempertahankan konsumen loyal untuk meningkatkan penjualan, dengan gimmick berupa tambahan saldo Go-Pay, yang bisa didapatkan oleh konsumen AQUA sekaligus pengguna aplikasi Go-Jek, dilakukan secara kolaboratif dengan menunjuk convenience stores, yaitu Indomaret dan Alfamart, untuk menjadi middle-men (agen penjual).Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.