Efektivitas Penggunaan Akun Instagram @Larissacenter Sebagai Media Beriklan Larissa Aesthetic Center Berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI)
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v6i2.11579Keywords:
Iklan, Media Sosial, Instagram, CRIAbstract
ABSTRAKMedia sosial telah menjadi sebuah candu dan menciptakan “dunia†sendiri
bagi para penggunanya. Bak sebuah jendela, netizen dapat memantau,
melihat serta mengetahui informasi, berita, atau kejadian yang sedang viral
lewat media sosial. Instagram merupakan salah satu aplikasi yang digemari
untuk menunjukkan eksistensi lewat media sosial. Fenomena terhadap
tingginya pengguna aktif instagram di Indonesia telah menempati posisi
ke-3 didunia. Kemudahan dalam mengakses instagram saat ini mulai dilirik
oleh perusahaan untuk mengiklankan produk dan jasanya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi efektivitas iklan Larissa
Aesthetic Center melalui akun instagram pada pengguna skincare dan klinik
kecantikan di Yogyakarta, perempuan dan berusia 17-35 tahun. Tipe penelitian
ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100
orang. Sample dalam penelitian ini menggunakan teknik penentuan sample
untuk ukuran populasi tidak terhingga. Elemen respon dalam Customer
Response Index (CRI) adalah aware (kesadaran), comprehend (pemahaman),
interest (ketertarikan), intention (niat untuk membeli), dan action (tindakan).
Berdasarkan hasil analisis tabulasi sederhana dan analisis skor rata – rata dengan metode CRI pada iklan Larissa di media sosial instagram menunjukan
bahwa iklan Larissa pada media sosial instagram termasuk dalam kategori
“cukup efektif†dengan prosentase sebesar 52,76% karena responden telah
sampai pada tahapan melakukan pembelian terhadap produk Larissa Aesthetic
Center yang diiklankan pada akun Instagram @larissacenter dengan hasil yang
didapat dari perhitungan CRI adalah aware dengan prosentase sebesar 92%,
comprehend dengan prosentase sebesar 8034%, interest dengan prosentase
sebesar 78,38%, intentions dengan prosentase sebesar 96,55%, dan action
dengan prosentase sebesar 94,34%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.