Motif Pelaksanaan Corporate Sosial Responsibility Perusahaan (Studi Kasus: CSR PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant dan CSR Delegation Europian Union to Malaysia)

Authors

  • Adhianty Nurjanah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Frizky Yulianti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v6i2.11575

Keywords:

Motif, Corporate Social Responsibility (CSR)Perusahaan

Abstract

ABSTRAK
Adanya berbagai tuntutan stakeholder dan semakin meningkatnya kesadaran
perusahaan akan keharusan bertanggungjawab secara sosial dan berlaku etis
dalam menjalankan bisnisnya maka konsep tanggung jawab sosial perusahaan
atau Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi bagian penting yang
harus dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif pelaksanaan
CSR perusahaan di dua negara yaitu PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap
Plant Indonesia dan Delegation of the European Union to Malaysia. Metode
penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan termasuk kedalam jenis
penelitian deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap
Plant Indonesia dan Delegation of the European Union to Malaysia dalam
melaksanakan program CSR adalah bentuk perwujudan dari praktek bisnis
yang bertanggung jawab sosial (Socially Responsibility Bussiness Practices)
dan sebagai komitmen bisnis atas usaha bisnis yang dilakukannya untuk
berkontribusi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dilakukan
dengan cara memberikan dukungan dalam kegiatan pengembangan
masyarakat (community development) melalui capacity building berupa
pemberian pelatihan dan pendampingan pada masyarakat penerima manfaat di
bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan serta pemberian bantuan modal
usaha di bidang ekonomi / UMKM sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan
masyarakat serta menciptakan visibilitas dan meningkatkan reputasi positif
perusahaan di mata stakeholdernya.

Downloads

Published

2018-10-01

Issue

Section

Articles