STRATEGI PROMOSI PENERIMAAN SISWA BARU (STUDI KASUS SMK KESEHATAN CIPTA BHAKTI HUSADA YOGYAKARTA)

Authors

  • Ardiyanto Wardhana Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v6i1.10215

Abstract

Intisari
Adanya persaingan antar sekolah yang semakin meningkat beberapa waktu belakangan ini, maka upaya pemasaran untuk di sebuah lembaga pendidikan mutlak diperlukan. Sekolah sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan perlu berbenah diri serta belajar agar memiliki inisiatif untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dalam hal ini siswa maupun siswi. Di zaman serba kompetitif seperti halnya saat ini, sesuatunya akan menjadi sulit apabila organisasi untuk dapat hidup dengan baik jika tidak memiliki kemampuan mengubah diri atau mempromosikan diri dengan baik serta secara cepat mampu berkembang dan memahami berbagai tuntutan yang diinginkan oleh para stakeholder. Oleh sebab itu, maka diperlukanlah strategi promosi khususnya di bidang jasa pendidikan yang tepat untuk memenangkan sebuah kompetisi antar sekolah sehingga meningkatkan animo calon peserta didik baru atau siswa, dan juga untuk meningkatkan akselerasi peningkatan kualitas dan profesionalisme manajemen sekolah. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan studi kasus tunggal terpancang. Data dalam penelitian kualitatif ini diperoleh melalui human dan nonhuman. Sumber human diperoleh melalui wawancara (interview) dan atau observasi dengan mencatat tanda-tanda nonverbal yang ditransmisikan ke dalam bentuk catatan lapangan (field notes) ketika interview atau pada saat observasi berlangsung sedangkan untuk sumber nonhuman meliputi dokumen, rekaman, tempat dan sebagainya.
Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Keahlian, Dunia Kerja

Downloads

Published

2018-04-01

Issue

Section

Articles