ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA EKONOMI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9160Keywords:
Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika Ekonomi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir logis, kemampuan penyelesaian masalah matematika ekonomi, dan pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika ekonomi pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan populasi 245 orang dari 8 kelas yang berbeda. Sampel diambil sebanyak 58 orang mahasiswa yang terdiri dari 2 kelas, teknik pengambilan sampel yaitu pengambilan sampel secara acak berkelompok. Instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan berpikir logis sebanyak 30 butir soal dan tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 5 butir soal yang dinyatakan valid dan reliabel sebelum digunakan. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisis inferensial (Analisis korelasi dan regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan berpikir logis masiswa berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 69,13; (2) Tingkat kemampuan penyelesaian masalah matematika ekonomi bagi masiswa berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 74,03; (3) Tingkat kemampuan berpikir logis masiswa memiliki korelasi dengan kemampuan penyelesaian masalah matematika ekonomi dengan besar hubungan 94,5% dimana hal tersebut berada pada baik sekali; dan (5) Kemampuan berpikir logis berpengaruh positif terhadap kemampuan penyelesaian masalah dengan pengaruh sebesar 89,1% sedangkan sisanya sebesar 10,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Kemampuan berpikir logis berpengaruh positif terhadap kemampuan kemampuan penyelesaian, hal tersebut dapat diartikan bahwa semakin baik atau semakin tinggi kemampuan berpikir logis yang dimiliki oleh mahasiswa maka kemampuan penyelesaian masalah mahasiswa tersebut akan semakin baik atau semakin tinggi.Downloads
Published
2017-12-23
Issue
Section
Articles
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.