PENGEMBANGAN INDIKATOR 4C'S YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA KELAS X SEMESTER 1

Authors

  • Sunardi Sunardi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember (UNEJ)
  • Dian Kurniati Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember (UNEJ)
  • Titik Sugiarti Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember (UNEJ)
  • Erfan Yudianto Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember (UNEJ)
  • Rika Nurmaharani Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember (UNEJ)

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9159

Keywords:

Kemampuan 4C’s, Kurikulum 2013, Matematika SMA/MA Kelas X Semester 1

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum SMA/MA yang digunakan di Indonesia yaitu kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMA kelas X semester 1 yang terdiri dari 3 bab yaitu: sistem persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel yang memuat nilai mutlak, SPLTV, dan fungsi. Kegiatan penelitian dimulai dari analisis masalah kurikulum di Indonesia dan menganalisis literatur kemampuan 4C’s menurut Partnership 21th Century Learning (P21). Kegiatan selanjutnya adalah merancang Indikator 4C,s yang selaras dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMA/MA kelas X semester 1. Produk yang dihasilkan yaitu Indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum 2013 disajikan dalam vorum diskusi (kolokium). Kemudian produk tersebut direvisi berdasarkan saran dari peserta kolokium. Kegiatan terakhir yaitu membagikan produk yang valid kepada peserta kolokium sebagai panduan penyusunan rencana pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum di Indonesia yaitu kurikulum 2013.

Downloads

Published

2017-12-23

Issue

Section

Articles