PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Authors

  • Nur Hidayah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UAD
  • Satrianawati Satrianawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UAD

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9157

Keywords:

pengembangan model project based learning, pembelajaran, matematika, pendidikan inklusi, & sekolah inklusi

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan pendidikan (educational research and development) dengan tujuan yang diharapkan adalah adanya produk dari penelitian yang dilakukan berupa pengembangan model project based learning pada pembelajaran matematika yang dapat digunakan oleh guru-guru yang mengajar di sekolah dasar inklusi. Sasaran penelitian pengembangan ini adalah meningkatnya aktivitas dan motivasi belajar matematika siswa di sekolah dasar inklusi. Hasil Penelitian menunjukkan langkah-langkah yang paling efektif dalam mengembangkan model project based adalah menganalisis kebutuhan, mendesain pengembangan, memproduksi/ mengembangkan model project based learning, melakukan evaluasi pengembangan, dan melakukan uji coba lapangan dan kualitas pengembangan model project based learning yang dikembangkan menurut penilaian ahli pengembangan model termasuk kriteria “sangat baik†dengan rerata skor 5, menurut ahli pembelajaran termasuk kriteria “baik†dengan rerata skor 4,3.

Downloads

Published

2017-12-23

Issue

Section

Articles