PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS ANTARA SISWA YANG BELAJARNYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DENGAN SETING KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BIASA

Authors

  • Lessa Roesdiana Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9155

Keywords:

Penalaran Matematis, Tipe Jigsaw, Pembelajaran Biasa

Abstract

Kemampuan  siswa dalam  memecahkan masalah matematika merupakan aspek yang sangat penting dalam belajar matematika. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan penalaran  matematis siswa diperlukan suatu strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran  agar  hasil  belajar siswa lebih optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan menggunakan pendekatan inkuiri dengan tipe jigsaw.

Penelitian ini merupakan  penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Karawang . Dimana instrumen pengujiannya  berupa soal uraian yang memenuhi uji validitas dan reliabilitas yang baik dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari keseluruhan proses dapat disimpulkan bahwa menggunaan tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran biasa.

Downloads

Published

2017-12-23

Issue

Section

Articles