PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) PADA TUTORIAL STATISTIKA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS TERBUKA

Authors

  • Tri Dyah Prastiti Program Studi FKIP Universitas Terbuka
  • Yumiati Yumiati Program Studi FKIP Universitas Terbuka
  • Jackson Pasini Mairing Program Studi Universitas Palangka Raya
  • Estu Puji Handayani Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7402

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) untuk tutorial Statistika Pendidikan bagi mahasiswa  UT, yang valid, praktis dan efektif. Pendekatan tutorial dengan menggunakan LKM berbasis REACT ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan memudahkan mahasiswa secara konseptual memahami Statistik Pendidikan serta meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan soal-soal sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (developmental research) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian 40 mahasiswa UPBJJ-UT Jember Program S1 PGSD yang mengambil mata kuliah Statistika Pendidikan. Pengembangan LKM menggunakan tahap Plomp yang terdiri dari (1) penelitian awal, (2) perancangan, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi, dan (5) implementasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM berbasis REACT yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Lebih lanjut, hasil angket menunjukkan bahwa 76% mahasiswa merasa senang, dan 81% mahasiswa termotivasi belajar mandiri setelah belajar dengan pembelajaran berbasis strategi REACT.

 

Kata kunci : REACT , Statistika Pendidikan , pemahaman konseptual,  motivasi.

Author Biographies

Tri Dyah Prastiti, Program Studi FKIP Universitas Terbuka

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Terbuka

Yumiati Yumiati, Program Studi FKIP Universitas Terbuka

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Terbuka

Jackson Pasini Mairing, Program Studi Universitas Palangka Raya

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Palangka Raya

Estu Puji Handayani, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Terbuka

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Terbuka

Downloads

Published

2017-06-30

Issue

Section

Articles