PEMANFAATAAN EQUATION EDITOR DALAM PENULISAN NOTASI MATEMATIKA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v6i2.5451Abstract
Bidang matematika tidak terlepas dari notasi, lambang, maupun symbol; serta pentingnya dalam representasi dari semua hal itu, sehingga pemanfaatan Equation Editor dalam penulisan notasi ilmiah di tugas-tugas mahasiswa, makalah, artikel, bahkan pembuatan bahan ajar sekalipun sangatlah diperlukan. Hal ini disebabkan mahasiswa kurang terbiasa memaksimalkan fitur Equation Editor yang terdapat di MS Word.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan fitur Equation Editor dalam tugas Makalah mahasiswa FKIP Universitas Balikpapan sebagai calon guru profesional. Untuk itu, digunakanlah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian terdiri dari yakni 19 mahasiswa dari Kelas A dan 40 mahasiswa dari kelas B, dimana pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan triangulasi. Setelah dilaksanakan penelitian, ditemukan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan hampir sama, yakni kesalahan konsep dasar dalam pemanfaatan Equation Editor, notasi dalam operator perkalian, serta kebiasaan yang sulit dihilangkan dalam memanfaatkan fitur Equation Editor. Kesalahan konsep yang dilakukan siswa dikarenakan kurangnya pemahaman mahasiswa dalam memaksimalkan fitur-fitur yang terdapat di MS Word khususnya Equation Editor, serta kebiasaan terdahulu yang sulit dihilangkan dalam menyusun Makalah yang standar dan apa adanya tanpa memerhatikan notasi dan symbol matematika. Hal ini juga didukung oleh hasil diskusi dan wawancara dengan rekan dosen, dimana menurutnya para mahasiswa dari semester-semester sebelumnya juga tidak begitu memerhatikan pentingnya penggunaan Equation Editor dalam penulisan notasi dan symbol matematika di MS Word, hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi mereka dan dosen pun juga tidak begitu teliti akan hal itu, hanya melihat dan menilai isi/konten Makalah bukan dari sisi pemanfaatan Equation Editor
Â
Kata Kunci :penulisan, notasi matematika, equation editor
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.