PERANAN KEMAMPUAN NUMERIK DAN VERBAL DALAM BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v6i2.5443Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan numerik dan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika, mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa yang terdapat di SMAN 11 Depok. Pegujian hipotesis menggunakan anova dua jalur dan melihat seberapa besar regresi dan korelasinya. Hasil dari penelitianini adalah terdapat pengaruh antara kemampuan numerik dan verbal secara bersama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika, terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika, dan terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika.
Â
Kata Kunci : Kemampuan numerik, verbal, berpikir kritis matematika
References
Astuti, dkk. (2013). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik. Jurnal Pendidik Dasar. 3(1). (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/524) di unduh 28 april 2016.
Irawan, Ari. (2014). Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Jurnal Formatif, 4(1): 46-55
__________.(2015). Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Jurnal Formatif, 4 (1): 46-55.
Japa. (2014). Pengaruh pembelajaran kuantum berorientasi pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika terhadap penalaran mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20 (1): 9-16.
Kumara, Amitya. (2001). Dampak kemampuan verbal terhadap rkspresi tulis. Jurnal Psikologi, (1) : 35-40
Leonard, (2013). Kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Mimbar. Pendidikan, I (2): 61–71.
Parwati. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi open-ended problem solving. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18 (1): 65-70
Rosida, Halima dkk. (2002). Hubungan Antara Kemampuan Awal dan Kemampuan Numerik Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Journal Of Technology Of Education 13(2):12-15. (http://portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=107483). Diunduh 16/04/2015
Saregar, Antomi dkk. 2013. Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Verbal Siswa. (http://portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=157585). Diunduh 16/04/2015
Simbolon, Naeklan. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris siswa sma negeri 14 dan 21 medan. Cakrawala Pendidikan, XXXIII (2) : 225-235
Sunilawati, dkk. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik siswa kelas iv sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (1). (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/513) di unduh 28 april 2016.
Syahbana, Ali. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. EDUMATICA (Journal Pendidikan Matematika), 2 (1) : 45-57
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.