PEMANFAATAN PROGRAM MAPLE DALAM PENGUATAN KONSEP SIMBOL MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v6i2.5442Abstract
Matematika dan bahasa merupakan dua ilmu yang sangat berbeda satu sama lain. Walaupun demikian pada dasarnya matematika sama dengan bahasa, didalam keduanya berisi tentang kalimat. Dalam ilmu bahasa kalimat adalah serangkaian kata-kata yang terbentuk dan memiliki makna.Tidak jauh berbeda dengan matematika, di dalam matematika juga terdapat kalimat matematika yang merupakan suatu rangkaian kata atau simbol yang bernilai benar dan salah.Dalam penyusunan kalimat tersebut matematika dan bahasa memiliki aturan dalam penulisan.Ilmu bahasa memiliki aturan dalam pemilihan kata-kata yang sesuai untuk membentuk suatu kalimat yang memiliki arti.Sedangkan matematika juga memiliki aturan tertentu dalam menyusun suatu kalimat.Di dalam kalimat matematika tersebut berisi serangkaian kata/simbol yang beraturan yang memiliki makna. Sama halnya dengan bahasa, jika dalam penyusunan kaliamat tersebut tidak menggunakan kata-kata yang sesuai maka kalimat tersebut akan memiliki makna yang salah. Begitu juga dalam matematika jika dalam penggunaan aturan simbol tidak ditaati maka kalimat matematika itu akan bermakna salah.Berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan pada mahasiswa UMM Semester VI kelas B dengan jumlah mahasiswa sebanyak 50 orang. Terdapat beberapa kesalahan penggunaan simbol dalam menyeselsaikan suatu permasalahan matematika.Berdasarkan data awal yang dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa mahasiswa banyak melakukan kesalahan dalam penulisan pendefinisian fungsi. 40 mahasiswa melakukan kesalahan dalam penulisan/peletakan simbol sama dengan “=†dan 30 mahasiswa melakukan kesalahan dalam penulisan/peletakan tanda bagi “â€. Dibutuhkan suatu upaya dalam mengatasi kesalahanyang dilakukan oleh mahasiswa.Dengan menggunakan Maple, mahasiswa dibimbing untuk belajar menuliskan symbol/notasi matematika dengan benar.
Â
Kata Kunci:maple, konsep, simbol.
References
Einstein, A. 1938. The Evolution of Physics: The growth of ideas from early concepts to relativity and quanta.New York, Simon and Schuster.
Elbrink, Megan., Analizing and Addressing Common Mathematical Errors in Secondary Education.www.bsu.edu/libraries/virtualpress/mathexchange/05-01/Elbrink.pdf(Online 15 Februari 2014)
Noeryanti, Logika Dasar, elista.akprind.ac.id/upload/.../3207_Bab_1_Proposisi (Online 12 Februari 2014)
Polya, George.2004. How to Solve It. America: Princeton University Press
Puspadewi, Kadek Rahayu.,Pengaruh Metode Induktif Berbantuan Asesmen Tentik Terhadap Prestasi Belajar Aljabar Linear I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mahasaraswati Denpasar. lppm.unmas.ac.id/wp-content/.../9-puspadewi-KL1.pdf (Online 5 Februari 2014).
Setyosari, Punaji.2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Yarmohammadian, Ahmad, The relationship between spatial awareness and mathematic disorders in elementary school students with learning mathematic disorder. Psychology and Behavioral Sciences.http://www.sciencepublishinggroup.com/j/pbs ,(Online 5 Februari 2014)
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.