ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA PENYELESAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA INTROVERT DAN EKSTROVERT
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v12i2.24662Abstract
Pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis dimiliki oleh siswa karena diperlukan dalam mempelajari matematika. Tipe kepribadian siswa dapat menyebabkan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ajibarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode dekstriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ajibarang. Sampel sebanyak 6 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling dimana 3 siswa memiliki tipe kepribadian introvert dan 3 siswa memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan tipe kepribadian introvert memiliki kesalahan prinsip pada indikator melakukan perhitungan berdasarkan strategi yang telah direncanakan serta kesalahan prinsip pada indikator memeriksa dan menentukan hasil perhitungan sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan. Sedangkan siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert memiliki kesalahan konsep pada indikator mengidentifikasi data yang telah diketahui serta data yang ditanyakan, kesalahan konsep ketika membuat strategi pemecahan masalah matematis, kesalahan prinsip dan operasi dalam melakukan perhitungan serta kesalahan prinsip ketika memeriksa dan menentukan hasil perhitungan sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.
Kata Kunci: Kesalahan, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.