ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA PENYELESAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA INTROVERT DAN EKSTROVERT
Abstract
Pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis dimiliki oleh siswa karena diperlukan dalam mempelajari matematika. Tipe kepribadian siswa dapat menyebabkan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ajibarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode dekstriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ajibarang. Sampel sebanyak 6 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling dimana 3 siswa memiliki tipe kepribadian introvert dan 3 siswa memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan tipe kepribadian introvert memiliki kesalahan prinsip pada indikator melakukan perhitungan berdasarkan strategi yang telah direncanakan serta kesalahan prinsip pada indikator memeriksa dan menentukan hasil perhitungan sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan. Sedangkan siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert memiliki kesalahan konsep pada indikator mengidentifikasi data yang telah diketahui serta data yang ditanyakan, kesalahan konsep ketika membuat strategi pemecahan masalah matematis, kesalahan prinsip dan operasi dalam melakukan perhitungan serta kesalahan prinsip ketika memeriksa dan menentukan hasil perhitungan sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.
Kata Kunci: Kesalahan, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v12i2.24662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurkhaningsih -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.