E-MODUL SISTEM PERSAMAAN LINIER SEBAGAI BAHAN AJAR MEMAHAMI MATERI ALJABAR MATRIKS
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.22681Keywords:
modul elektronik, matriks, flipbookAbstract
Kemajuan teknologi dan informasi mempengaruhi ranah pendidikan yang berakibat mengubah sumber belajar dari tradisional yang diakses secara offline menjadi online. Salah satu perubahan yang terjadi adalah modul yang berupa cetak, saat ini marak modul yang bersifat elektronik. Inti dari pembelajaran aljabar matriks adalah operasi baris elementer, Eliminasi gaussjordan, dan solusi sistem persamaan linier. Materi-materi tersebut digunkaan sebagai prasyarat dasar untuk aljabar linier dan pemrograman linier, sehingga mahasiswa diharapkan memahami materi tersebut. Modul yang bersifat elektronik atau e-modul yang dikembangkan menggunakan flipbook kvisoft yang dapat disisipi dengan video, gambar dan audio yang memungkinkan mahasiswa belajar diluar kelas. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah ADDIE (analysis, Desain, Developm Implementation, Evaluation). Haisl dari penelitian ini adalah dikembangkannya e-modul matriks dengan kriteria layak yaitu 76,25% dari ahli media dan 78,57% dari ahli materi. Sednagkan untuk respon mahasiswa diperoleh kriteria praktis pada kelas kecil dengan prosentase sebesar 65,20% dan kelas besar sebesar 77,03%.
References
Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D., Parasdila, H., Irdianti, I., Susbiyanto, S., ... & Ikhlas, M. (2019). E-Module based problem solving in basic physics practicum for science process skills. International Journal of Online and Biomedical engineering, 15(15), 4-17
Divayana, D. G. H., Santiyadnya, N., Ratnaya, I. G., Sudirtha, I. G., & Darmayasa, I. P. (2019). Digital book for assessment and evaluation courses based on Kvisoft-kelase asynchronous pattern. Telkomnika, 17(1), 328-336
Fahmi, S., Priwantoro, S. W., Cahdriyana, R. A., Hendroanto, A., Rohmah, S. N., & Nisa, L. C. (2019, March). Interactive Learning Media Using Kvisoft Flipbook Maker for Mathematics Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.
Ganefri, H. H., Kusumaningrum, I., & Mardin, A.(2017a). Needs Analysis of Entrepreneurship Pedagogy of Technology and Vocational Education with Production Base Learning Approach in Higher Education. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 7(5), 1701-1707.
Gunawan, Dedi. (2010). Modul pembelajaran Interaktif eleketronik dasar Untuk Program Keahlian Teknik Audio vIdeo SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Menggunakan Macromedia Falsh 8. Jurnal Komuniti. Vol 2. 2010
Pribadi, B. A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat, 35.
Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Astuti, D. (2019, January). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Dipadukan Dengan Geogebra Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Mata Kuliah Program Linier. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 6).
Rafianti, I. (2017, May). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Matriks Kelas XI SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).
Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.
Setiani, A., Kartiwi, A. P., & Wulandari, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Berupa Modul Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Supremum Journal Of Education Mathematics, 2(1), 26-31.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptiany, E. N., Asari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa SMA kelas X dalam memahami materi peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938-1942.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.