KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS: DAMPAK MODEL HERMENEUTIKA DENGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v12i1.22451Keywords:
Model Pembelajaran Hermeneutika, Bahan Ajar Gamifikasi, Kemampuan Pemahaman Konsep MatematisAbstract
Pembelajaran matematika memerlukan pemahaman konsep pada proses pembelajaran untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini berjenis Quasy Eksperimental Design faktorial . Teknik pengumpulan data yakni tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Anova Satu Jalur. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat dampak penerapan model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar gamifikasi memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.References
Apiati, V. dan Hermanto, R. (2020) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar, Mosharafa: Jurnal Guruan Matematika, 9(1), hal. 167-178.
Casella, G. dan Berger, R. L. (2002) Statistical Inference. 2 ed. Pacific Grove CA: Duxbury.
Diana, P., Marethi, I. dan Pamungkas, A. S. (2020) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik, SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), hal. 24-32.
Febriantika, A. A. (2019) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kompetensi Keahlian, AlphaMath, 5(2), hal. 1-8.
Habibi, Triyana, I. W. dan Kurniawati, Y. (2020) “Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer, Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), hal. 99-110.
Inayatusufi, C., Hakim, L. El dan Sari, P. (2020) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII, Jurnal Riset Guruan Matematika Jakarta, 2(2), hal. 28-37.
Ntjalama, K. M., Murdiyanto, T. dan Meiliasari (2020) Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa,Jurnal Riset Guruan Matematika Jakarta, 2(2), hal. 13-20.
Prasadi, A. H., Wiyanto, W. dan Suharini, E. (2020) “The Implementation of Student Worksheet Based on STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Local Wisdom to Improve of Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students, Journal of Primary Education, 9(3), hal. 227-237. doi: 10.15294/jpe.v9i3.37712.
Putri, I. N., Ahied, M. dan Rosidi, I. (2019) Dampak Model Pembelajaran Hermeneutika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Natural Science Education Reseach, 2(1), hal. 1-7.
Sari, Y. A. et al. (2020) Penerapan Cooperative Learning Tipe Tapps Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii SMP, Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), hal. 61-67. doi: 10.32665/james.v3i2.140.
Selfia, R., Jazuli, L. O. A. dan Samparadja, H. (2020) Dampak Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan, Jurnal Penelitian Guruan Matematika, 8(1), hal. 135-148.
Sukaesih, E. S., Indiati, I. dan Purwosetiyono, F. X. D. (2020) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa, Imajiner: Jurnal Matematika dan Guruan Matematika, 2(4), hal. 310-320.
Sundary, P., Jatmiko, A. dan Widyastuti, R. (2020) Metaphorical Thinking Approach With Google Classroom: Its Effect Towards Students Understanding Of Mathematical Concept Skills, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), hal. 37-47.
Syafruddin, M. A. dan Herman, H. (2020) Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Group Tournament) Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa MAN 2 Makassar, Jendela Olahraga, 5(1), hal. 52-58. doi: 10.26877/jo.v5i1.4267.
Winata, R. dan Friantini, R. N. (2020) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Gender, AlphaMath, 6(1), hal. 1-13.
Wirawan, Y. M. dan Putra, R. W. Y. (2018) Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi pada Materi Himpunan, Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), hal. 329-335.
Yulianti, Murdani, E. dan Kusumawati, I. (2019) Dampak Penerapan Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X, Variabel, 2(1), hal. 24-30.
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.