KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS: DAMPAK MODEL HERMENEUTIKA DENGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI

Authors

  • Juwita Sari UIN Raden Intan Lampung
  • Netriwati Netriwati UIN Raden Intan Lampung
  • Rizki Wahyu Yunian Putra UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v12i1.22451

Keywords:

Model Pembelajaran Hermeneutika, Bahan Ajar Gamifikasi, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Pembelajaran matematika memerlukan pemahaman konsep pada proses pembelajaran untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini berjenis Quasy Eksperimental Design faktorial . Teknik pengumpulan data yakni tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Anova Satu Jalur. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat dampak penerapan model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar gamifikasi memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Author Biography

Juwita Sari, UIN Raden Intan Lampung

Pendidikan Matematika

References

Apiati, V. dan Hermanto, R. (2020) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar, Mosharafa: Jurnal Guruan Matematika, 9(1), hal. 167-178.

Casella, G. dan Berger, R. L. (2002) Statistical Inference. 2 ed. Pacific Grove CA: Duxbury.

Diana, P., Marethi, I. dan Pamungkas, A. S. (2020) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik, SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), hal. 24-32.

Febriantika, A. A. (2019) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kompetensi Keahlian, AlphaMath, 5(2), hal. 1-8.

Habibi, Triyana, I. W. dan Kurniawati, Y. (2020) “Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer, Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), hal. 99-110.

Inayatusufi, C., Hakim, L. El dan Sari, P. (2020) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII, Jurnal Riset Guruan Matematika Jakarta, 2(2), hal. 28-37.

Ntjalama, K. M., Murdiyanto, T. dan Meiliasari (2020) Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa,Jurnal Riset Guruan Matematika Jakarta, 2(2), hal. 13-20.

Prasadi, A. H., Wiyanto, W. dan Suharini, E. (2020) “The Implementation of Student Worksheet Based on STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Local Wisdom to Improve of Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students, Journal of Primary Education, 9(3), hal. 227-237. doi: 10.15294/jpe.v9i3.37712.

Putri, I. N., Ahied, M. dan Rosidi, I. (2019) Dampak Model Pembelajaran Hermeneutika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Natural Science Education Reseach, 2(1), hal. 1-7.

Sari, Y. A. et al. (2020) Penerapan Cooperative Learning Tipe Tapps Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii SMP, Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), hal. 61-67. doi: 10.32665/james.v3i2.140.

Selfia, R., Jazuli, L. O. A. dan Samparadja, H. (2020) Dampak Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan, Jurnal Penelitian Guruan Matematika, 8(1), hal. 135-148.

Sukaesih, E. S., Indiati, I. dan Purwosetiyono, F. X. D. (2020) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa, Imajiner: Jurnal Matematika dan Guruan Matematika, 2(4), hal. 310-320.

Sundary, P., Jatmiko, A. dan Widyastuti, R. (2020) Metaphorical Thinking Approach With Google Classroom: Its Effect Towards Students Understanding Of Mathematical Concept Skills, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), hal. 37-47.

Syafruddin, M. A. dan Herman, H. (2020) Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Group Tournament) Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa MAN 2 Makassar, Jendela Olahraga, 5(1), hal. 52-58. doi: 10.26877/jo.v5i1.4267.

Winata, R. dan Friantini, R. N. (2020) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Gender, AlphaMath, 6(1), hal. 1-13.

Wirawan, Y. M. dan Putra, R. W. Y. (2018) Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi pada Materi Himpunan, Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), hal. 329-335.

Yulianti, Murdani, E. dan Kusumawati, I. (2019) Dampak Penerapan Model Pembelajaran Hermeneutika terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X, Variabel, 2(1), hal. 24-30.

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles