MODEL PEMBELAJARAN PACE DAN SELF EFFICACY: DAMPAK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.22368Keywords:
Model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE), Kemampuan Pemecahan masalah Matematis, Self-EfficacyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket Self Efficacy. Teknik analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji Anova Dua Jalan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat dampak model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Tidak terdapat dampak Self Efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) dan Self Efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.References
Agustiana, E., Putra, F. G., & Study, L. (2018). Dampak Auditory, Intellectually, Repetition ( AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 1(1), 1-6.
Akbar, P., Handayani, D., & Mirza, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas 12 Pada Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Jurnal Cendekia: Jurnal Guruan Matematika, 4(2), 900-913.
Amalia, P. R., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2020). Problem-Solving Skill Based on Learning Independence Through Assistance in Independent Learning with Entrepreneurial-nuanced
Modules. Unnes Journal of Mathematics Education Research,
(1), 102-108.
Assaibin, M., & Husain, R. (2020). Dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pace (Project Activity Cooperative Exercise) Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Polewali. Genta Mulia, XI(2), 56-69.
Casella, G., & Berger, R. L. (2002). Statistical Inference (2 ed.). Duxbury.
Dwiyani, S., Syaiful, S., & Haryanto, H. (2021). Dampak Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Guruan Matematika, 5(2), 1675-1686.
Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881-886.
Haniyyah, L., Iskandar, K., & Rafianti, I. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal of Maldives, 4(1), 97-110.
Hasanah, S., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2019). Penerapan Problem Solving Berbantuan Lead Aq Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan. Ejournal Raden Intanac.Id, 2(1), 144.
Haswati, D., Aini, R. N., Selpiyani, S., & Permadi, U. N. (2019).
Dampak Model Pembelajaran PACE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 101-110.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905-910.
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228-243.
Jaya, A. K., Putra, F. G., & Mujib, M. (2020). Dampak model pembelajaran superitem berbantuan scaffholding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Guruan Matematika, 6(1), 74-83.
Juariah, S., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2020). Implementasi Peer Led Guided Inquiry (Plgi) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. J-PiMat¯: Jurnal Guruan Matematika, 2(2), 196-202.
Maisyarah, M., & Afriyanti, D. (2021). Penerapan Model PACE Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian, Guruan dan Pengajaran, 2(1), 81-96.
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Guruan Matematika, 3(1), 178-186.
Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamtis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal
Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Guruan Matematika, 7(9), 181-190.
Ningrum, R. W., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Dampak Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Pemecahan Masalah Matematis. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 126-135.
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika. Journal On Teacher Education (JOTE), 1(2), 26-32.
Novitasari, L. L. A., & Masriyah. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa Smp Ditinjau Dari Kepribadian Myer Briggs Indicator (MBTI). MATHEdunesa, 9(3), 631-646.
Nurrindar, M., & Wahjudi, E. (2021). Dampak Self-efficacy Terhadap Keterlibatan Siswa Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Guruan Akuntansi (JPAK), 9(1), 140-148.
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187-202.
Sari, R., Noor, N. A., & Permadi, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise. Prosiding Seminar Nasional Guruan STKIP Kusuma Negara II, 2, 227-233.
Solikah, S. M. A., Mustangin, & Fathani, A. H. (2019). Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pace Pada Materi Kubus Dan Balok Di SMPN 4 Kepanjen. JP3, 14(6), 1-7.
Tarumasely, Y. (2021). Dampak Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Guruan Edutama, 8(1), 71-80.
Tarumasely, Y. (2021). Dampak Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Guruan Edutama, 8(1), 71-80.
Warsiki, A., & Mardiana, T. (2019). Dampak Self-Concept Dan Self-Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Berbasis Kkni. Buletin Ekonomi, 2(2), 245-256.
Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safii, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The effect of SSCS learning model on reflective thinking skills and problem solving ability. European Journal of Educational Research, 9(2),743-752
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.