KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS: DAMPAK MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MIND MAPPING
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v12i1.22357Keywords:
Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping, Kemampuan Pemahaman Konsep MatematisAbstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran matematika perlu dikuasai peserta didik guna menunjang proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Analisis Variansi Satu Jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan Mind Mapping memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.References
Acesta, A. (2020) Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa,†NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), hal. 581-586. doi: 10.35568/naturalistic.v4i2b.766.
Apiati, V. dan Hermanto, R. (2020) Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), hal. 167-178.
Asih, S., Nirawati, R. dan Nurhayati, N. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Spltv Kelas X Mipa, Journal of Educational Review and Research, 4(1), hal. 31-38. doi: 10.26737/jerr.v4i1.2256.
Bastiar, A., Raehang dan Pairin, H. (2019) Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Al-Quran Hadits Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), hal. 23-40.
Bau, F., Fayeldi, T. dan Suwanti, V. (2021) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Kelas XI, RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains & Teknologi), 3(1), hal. 26-33.
Casella, G. dan Berger, R. L. (2002) Statistical Inference. 2 ed. Pacific Grove CA: Duxbury.
Diana, P., Marethi, I. dan Pamungkas, A. S. (2020) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik, SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), hal. 24-32.
Febriantika, A. A. (2019) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kompetensi Keahlian, AlphaMath, 5(2), hal. 1-8.
Fitrah, E., Annafi, N. dan Mutmainnah, P. A. (2021) Pengaruh Mind Mapping Terhadap Penguasaan Konsep Kimia Pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas Xi Man 1 Kota Bima, Jurnal Redoks: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), hal. 49-51. doi: 10.33627/re.v3i2.459.
Habibi, Triyana, I. W. dan Kurniawati, Y. (2020) Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer, Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), hal. 99-110.
Inayatusufi, C., Hakim, L. El dan Sari, P. (2020) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII, Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), hal. 28-37.
Marlina dan Widiyastuti, A. (2021) Meningkatkan Perkembangan Kognitif dengan Kegiatan Mind Mapping pada PAUD Anak Hebat, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), hal. 5244-5249.
Muhail (2021) Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Student Facilitator and Explaining, Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(1), hal. 1-11. doi: 10.25134/equi.v18i01.ABSTRACT.
Muslimah, N., Putra, R. W. Y. dan Masykur, R. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfae) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Self-Confidence Peserta Didik, MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), hal. 49-59. Tersedia pada: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/595.
Ntjalama, K. M., Murdiyanto, T. dan Meiliasari (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Kahoot! Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), hal. 13-20.
Prasadi, A. H., Wiyanto, W. dan Suharini, E. (2020) The Implementation of Student Worksheet Based on STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Local Wisdom to Improve of Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students, Journal of Primary Education, 9(3), hal. 227-237. doi: 10.15294/jpe.v9i3.37712.
Ramadhanti, L. dan Magdalena, I. (2020) Bagaimana Perbedaan Model Pembelajaran Take And Give Dan Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mata Pelajaran Pkn?, Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), hal. 66-77.
Selfia, R., Jazuli, L. O. A. dan Samparadja, H. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Konawe Selatan, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1), hal. 135-148.
Sukaesih, E. S., Indiati, I. dan Purwosetiyono, F. X. D. (2020) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa, Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), hal. 310-320.
Sundary, P., Jatmiko, A. dan Widyastuti, R. (2020) Metaphorical Thinking Approach With Google Classroom: Its Effect Towards Students Understanding Of Mathematical Concept Skills, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), hal. 37-47.
Winata, R. dan Friantini, R. N. (2020) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Gender, AlphaMath, 6(1), hal. 1-13.
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.