DAMPAK ROTATING TRIO EXCHANGE DAN CURIOSITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.22301Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis ialah suatu kemampuan yang penting dalam matematika. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini ialah untuk mengetahui dampak model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan Curiosity terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik SMP. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Populasi dipenelitian ini ialah seluruh kelas VIII MTs Ma'arif NU 5 Sekampung. Sampel yang digunakan ialah kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis serta angket curiosity. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil analisis diperoleh H0A ditolak, Fhitung > Ftabel yaitu 10,285 > 4,13. Dengan begitu, ada dampak model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. H0B ditolak, Fhitung > Ftabel yaitu 51,53 > 3,28. Dengan begitu, ada dampak Curiosity terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. H0AB diterima, Fhitung < Ftabel yaitu 0,36 < 3,28. Dengan begitu tidak ada interaksi antara Rotating Trio Exchange (RTE) dan Curiosity terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.
Kata Kunci : Curiosity, Pemahaman Konsep Matematis, Rotating Trio Exchange.
References
Ali Husni, Moh. (2014). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Problem Posing dan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi dan Curiosity. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika , 11-21.
Andriani, Siska. (2015). Evaluasi CSE-UCLA pada Studi Proses Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika , 167-175.
Arifin, dan S. Khanafiyah. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Melaluli Strategi Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Aktivitas Belajar Peserta didik SMA kelas X Semester II Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , 97-100.
Dewi Purwanti, Ramadhani, Dona Dinda Pratiwi, dan Achi Rinaldi. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif , Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 115-122.
Dinda Pratiwi, Dona. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika , 191-202.
Ekawati, Sri. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Topik Persamaan Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Tambusai , 167-184.
Ganda Putra, Fredi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika , 203-210.
Herawati, Oktiana Dwi Putra, dan Rusdy Siroj. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang, 11.
Ismawati, F, S.E. Nugroho, dan P. Dwijananti. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Curiosity dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , 22-27.
Masykur, Ruhban, Undang Rosidin, dan Agung M Iqbal. (2018). Implementasi Kurikulum KKNI Pada Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7-12.
Nurdyansyah, dan Eni Fariyarul Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Sri Anggoro, Bambang. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika , 11-20.
Suherman. (2015). Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika , 81-90.
Wahyu Yunian Putra, Rizki. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk meningkatkan Kemampuan Penalaran Adatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 215.
Widyawati, Santi. (2016. )Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (IAIM NU) Metro. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika , 107-114.
Yahya, Amran, dan Nur Wahidah Bakri. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Analisa , 69-79.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.