ANALISIS PROSES BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR ACAK KONKRET DAN ACAK ABSTRAK
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.21989Keywords:
Proses Berpikir Lateral, Soal Open Ended, Acak Konkret, Acak AbstrakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir lateral peserta didik dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari gaya berpikir acak konkret dan gaya berpikir acak abstrak. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal open ended, angket gaya berpikir Gregorc dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari empat orang peserta didik dari kelas XI SMK Karya Nasional Sindangkasih Ciamis dengan dua subjek gaya berpikir Acak Konkret (AK) dan dua subjek gaya berpikir Acak Abstrak (AA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses berpikir peserta didik dengan gaya berpikir Acak Konkret (AK) memenuhi semua aspek berpikir lateral. 2) Proses berpikir peserta didik dengan gaya berpikir Acak Abstrak (AA) memenuhi semua aspek berpikir lateral.References
Bancong, S. (2013). Profil penalaran logis berdasarkan gaya berpikir dalam memecahkan masalah fisika peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2(2) 195-202.
Deporter, B & Henarcki, M. (2016). Quantum learning. Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. (A. Abdurrahman, Trans.). Bandung, Indonesia: Kaifa
Dwirahayu, G., & Firdausi, F. (2016). Pengaruh gaya berpikir terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2).
Heldayanti, H., Asfar, A. I. T., Asfar, A. I. A., Jumrianti, J., Khusaema, L., & Nurjannah, S. (2019, December). Penerapan model pembelajaran poget menggunakan media audiovisual dalam membangun kemampuan berpikir lateral siswa. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (pp. 325-330).
Hidayat, E., Ratnaningsih, N., & Santika, S. (2019, November). Pemetaan Gaya Berpikir Peserta Didik Berdasarkan Kemampuan Koneksi Matematis. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Khair, M. S. D., Subanji, S., & Muksar, M. (2018). Kesalahan Konsep dan Prosedur Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Ditinjau dari Gaya Berpikir. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 620-633.
Maulana, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Smadalam Menjawab Soal Dimensi Tiga Berdasarkan Teori Newman. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).
Muflihah, I. S., Ratnaningsih, N., & Apiati, V. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematis ditinjau dari gaya berpikir peserta didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1).
Mukhtasar, Ikhsan, M., Hajidin. (2018). Proses berpikir lateral siswa madrasah aliyah dalam menyelesaikan masalah geometri melalui pendekatan open-ended. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16 (3), 331-346.
Muliawati, N. E. (2017). Proses berpikir lateral siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan gaya kognitif dan gender. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 55-68.
Mutia, Z. A. (2020). Analisis Jenis Gaya Berpikir Yang Dominan Dalam Mempengaruhi Miskonsepsi Peserta Didik Analisis Jenis Gaya Berpikir Yang Dominan Dalam Mempengaruhi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Di MAS Darul Ulum (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.
Nurjanah, S., Hidayanto, E., & Rahardjo, S. (2019). Proses berpikir siswa berkecerdasan matematis logis dalam menyelesaikan masalah matematis "ill structured problems". Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1441-1447.
Puspaningtyas, N. D. (2019). Proses berpikir lateral siswa sd dalam menyelesaikan masalah matematika open-ended ditinjau dari perbedaan gaya belajar. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 80-86.
Sidabutar, N. D. (2016). Profil pemecahan masalah matematika open-ended dengan tahap creative problem solving (CPS) ditinjau dari kemampuan matematika siswa. MATHEdunesa, 5(1).
Tobias, C. U. (2009). Cara mereka belajar. Jakarta, Indonesia: Pionir
Wardhani, W. A., Subanji., Dwiyana. (2016). Proses berpikir siswa berdasarkan kerangka kerja Manson. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3). 297-313.
Wendayani, W., Ratnaningsih, N., & Muhtadi, D. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Osborn untuk Menggali Kemampuan Berpikir Lateral Matematik Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 112-123.
Zakir, M. (2015). Description of Logical Reasoning in Solving Mathematics Problems Based on Students' Thinking Style of Students at SMPN 2 Pinrang. Jurnal Daya Matematis, 3(2), 152-165.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.