ANALISIS PROSES BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR ACAK KONKRET DAN ACAK ABSTRAK

Authors

  • Devin Rosmayanthi Pascasarjana Universitas Siliwangi
  • Nani Ratnaningsih Pascasarjana Universitas Siliwangi
  • Supratman Supratman Pascasarjana Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.21989

Keywords:

Proses Berpikir Lateral, Soal Open Ended, Acak Konkret, Acak Abstrak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir lateral peserta didik dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari gaya berpikir acak konkret dan gaya berpikir acak abstrak. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal open ended, angket gaya berpikir Gregorc dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari empat orang peserta didik dari kelas XI SMK Karya Nasional Sindangkasih Ciamis dengan dua subjek gaya berpikir Acak Konkret (AK) dan dua subjek gaya berpikir Acak Abstrak (AA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses berpikir peserta didik dengan gaya berpikir Acak Konkret (AK) memenuhi semua aspek berpikir lateral. 2) Proses berpikir peserta didik dengan gaya berpikir Acak Abstrak (AA) memenuhi semua aspek berpikir lateral.

References

Bancong, S. (2013). Profil penalaran logis berdasarkan gaya berpikir dalam memecahkan masalah fisika peserta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2(2) 195-202.

Deporter, B & Henarcki, M. (2016). Quantum learning. Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. (A. Abdurrahman, Trans.). Bandung, Indonesia: Kaifa

Dwirahayu, G., & Firdausi, F. (2016). Pengaruh gaya berpikir terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2).

Heldayanti, H., Asfar, A. I. T., Asfar, A. I. A., Jumrianti, J., Khusaema, L., & Nurjannah, S. (2019, December). Penerapan model pembelajaran poget menggunakan media audiovisual dalam membangun kemampuan berpikir lateral siswa. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (pp. 325-330).

Hidayat, E., Ratnaningsih, N., & Santika, S. (2019, November). Pemetaan Gaya Berpikir Peserta Didik Berdasarkan Kemampuan Koneksi Matematis. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Khair, M. S. D., Subanji, S., & Muksar, M. (2018). Kesalahan Konsep dan Prosedur Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Ditinjau dari Gaya Berpikir. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 620-633.

Maulana, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Smadalam Menjawab Soal Dimensi Tiga Berdasarkan Teori Newman. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).

Muflihah, I. S., Ratnaningsih, N., & Apiati, V. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematis ditinjau dari gaya berpikir peserta didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1).

Mukhtasar, Ikhsan, M., Hajidin. (2018). Proses berpikir lateral siswa madrasah aliyah dalam menyelesaikan masalah geometri melalui pendekatan open-ended. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16 (3), 331-346.

Muliawati, N. E. (2017). Proses berpikir lateral siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan gaya kognitif dan gender. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 55-68.

Mutia, Z. A. (2020). Analisis Jenis Gaya Berpikir Yang Dominan Dalam Mempengaruhi Miskonsepsi Peserta Didik Analisis Jenis Gaya Berpikir Yang Dominan Dalam Mempengaruhi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor Di MAS Darul Ulum (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.

Nurjanah, S., Hidayanto, E., & Rahardjo, S. (2019). Proses berpikir siswa berkecerdasan matematis logis dalam menyelesaikan masalah matematis "ill structured problems". Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1441-1447.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Proses berpikir lateral siswa sd dalam menyelesaikan masalah matematika open-ended ditinjau dari perbedaan gaya belajar. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 80-86.

Sidabutar, N. D. (2016). Profil pemecahan masalah matematika open-ended dengan tahap creative problem solving (CPS) ditinjau dari kemampuan matematika siswa. MATHEdunesa, 5(1).

Tobias, C. U. (2009). Cara mereka belajar. Jakarta, Indonesia: Pionir

Wardhani, W. A., Subanji., Dwiyana. (2016). Proses berpikir siswa berdasarkan kerangka kerja Manson. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3). 297-313.

Wendayani, W., Ratnaningsih, N., & Muhtadi, D. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Osborn untuk Menggali Kemampuan Berpikir Lateral Matematik Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 112-123.

Zakir, M. (2015). Description of Logical Reasoning in Solving Mathematics Problems Based on Students' Thinking Style of Students at SMPN 2 Pinrang. Jurnal Daya Matematis, 3(2), 152-165.

Downloads

Published

2021-12-28

Issue

Section

Articles