PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS FILSAFAT PADA MATERI BALOK
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v12i1.20751Keywords:
Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Filsafat, BalokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Filsafat pada materi balok untuk siswa SMP. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini mendeskripsikan tahapan pengembangan LKPD berbasis filsafat. Penelitian ini menggunakan tahapan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, observasi, wawancara semi tersrtuktur dan dokumentasi. Hasil daripenelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengembangkan LKPD dibutuhkan evaluasi di setiap tahapannya. Evaluasi diperoleh dari saran dosen dan rekan sejawat. Pada tahap implementasi nanti, barulah peneliti mendapatkan data dari jawaban subjek, hasil wawancara, serta hasil observasi sehingga menghasilkan LKPD berbasis Filsafat yang terdiri atas 4 Kegiatan, dimana ada satu kegiatan untuk Ontologi, dua kegiatan untuk Epistemologi, dan Aksiologi yang hanya berisi satu kegiatan.References
Alfira, A., Rahmad, and Azhar, 2017, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Kecerdasan Komprehensif berbasis Model PBL pada Pembelajaran Fisika Kelas X Tingkat SMA. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1-9.
Asih, N. C, 2018, Pengaruh Filsafat Dalam Pembelajaran Matematika SD. Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan dasar 2018 (p. 341). Menteng: SDS Bellarminus Menteng.
Asnaini, 2016, Pengembangan LKPD berbasis Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga. Lantanida Journal, 4(1): 208-219.
Astuti, Bernadita, I. V, 2016, Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bilangan Bulat Ditinjau dari Hasil Belajar dan Pemahaman Siswa Kelas VII Compassion SMP Johannes Bosco Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
Basri, M. Y, 2017, Deskripsi Pemahaman Konsep Fungsi. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2): 93-102.
Budiarto, M. T., and Artiono, R, 2019, Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(1): 9-18.
Fauzi, K. M. A., Dirgeyase, I. W., and Priyatno, A, 2019, Building Learning Path of Mathematical Creative Thinking of Junior Students on Geometry Topics by Implementing Metacognitive Approach. International Education Studies, 12(2): 57-66.
Istikharah, R. and Simatupang, Z, 2017, Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) kelas X SMA/MA pada materi pokok protista berbasis pendekatan ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 12(1): 1-6.
Kok, B., and Davasligil, U, 2014, The effect of Teaching Geometry Which is Differentiated based on the Parallel Curriculum for Gifted/ Talanted Student on Spatial ability. Journal for the Education of the Young Scientist and Giftedness. 2: 40-52.
Lestari, K. W, 2014, Konsep Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.
Linarwati, M., Aziz F., and Minarsih, M. M, 2016, Studi Deskriptip Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management, 2(2).
Marsigit, 2004, Mengembangkan nilai-nilai filosofis matematika dalam pembelajaran matematika menuju era global. Dipresentasikan pada Stadium Generale UIN, 24 Desember 2004.
Mutia, M, 2017, Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memahami Konsep Kubus Balok dan alternatif pemecahannya. Beta Jurnal Tadris Matematika: 83-102.
Noto, M. S., Priatna, N., and Dahlan, J. A, 2019, Mathematical proof: The learning obstacles of pre-service mathematics teachers on transformation geometry. Journal on Mathematics Education, 10(1): 117-125.
Prabowo, A, 2009, Aliran-Aliran Filsafat dalam Matematika. JMP, 1(2): 25-45.
Santrock, J. W, 2008, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suryanto, S, 2011, Lembar Kerja Siswa (LKS). Makalah yang disampaikan dalam acara pembekalan guru daerah terluar, terpencil, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 November-6 Desember.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.