PENGEMBANGAN MODUL TRIGONOMETRI BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHASISWA

Authors

  • Yesi Gusmania Univeristas Riau Kepulauan
  • Nina Agustyaningrum Universitas Riau Kepulauan
  • Nailul Himmi Hasibuan Universitas Riau Kepulauan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v12i1.20384

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Modul Trigonometri, Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya bahan ajar yang memadai dan menunjang kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dalam mata kuliah trigonometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul trigonometri berbasis contextual teaching and learning (CTL) yang berkualitas dilihat dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam hal kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Adapun subjek penelitian yaitu mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan. Data diperoleh dari instrumen yang berupa angket standar penilaian bahan ajar dari BSNP untuk mengukur kevalidan, angket respons mahasiswa untuk mengukur kepraktisan, dan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis untuk mengukur keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil kualitas modul dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam klasifikasi sangat valid dengan persentase pencapaian penilaian ahli materi sebesar 87,75 % dan persentase pencapaian penilaian ahli media 96,25%.  Dilihat dari aspek kepraktisan, modul yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan persentase pencapaian angket respon mahasiswa sebesar 85,75 % dengan kategori sangat baik.  Sedangkan dari aspek keefektifan, modul tersebut dinyatakan belum cukup efektif dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang menunjukkan perolehan skor rata-rata 68,25 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 50 %.

Author Biographies

Yesi Gusmania, Univeristas Riau Kepulauan

Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Univeristas Riau Kepulauan

Nina Agustyaningrum, Universitas Riau Kepulauan

Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Univeristas Riau Kepulauan

Nailul Himmi Hasibuan, Universitas Riau Kepulauan

Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Univeristas Riau Kepulauan

References

Gusmania, Yesi, & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493

Gusmania, Yessi, & Pamungkas, T. (2015). Pengembangan modul geometri analitik bidang berbasis contextual teaching learning (CTL) untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (Unrika). Jurnal Dimensi, 4(3), 1–11. https://doi.org/10.33373/dms.v4i3.44

Himmi, N. (2017). Korelasi self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa semester pendek mata kuliah Trigonometri UNRIKA T.A. 2016/2017. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 143–150. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.941

Ishartono, N., Juniati, D., & Lukito, A. (2016). Developing mathematics teaching devices in the topic of trigonometry based on guided discovery teaching method. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 154–171. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.4827

Lasmiyati & Harta, I. (2014). Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.

Mardiyah, Johar, R., & Mailizar. (2020). The development of trigonometry e-modules for senior high school using differentiated instruction (DI) Approach. Journal of Physics: Conference Series, 1462(012017), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012017

Mensah, F. S. (2017). Ghanaian senior high school students ’ error in learning of trigonometry ghanaian senior high school students ’ rrror in learning of trigonometry. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1709–1717.

Mustamir, A. (2019). Application of demonstration methods to improve learning achievement in cultural arts subject and skills of filter art graphic materials in Class IX E Students of SMP Negeri 3 Surabaya. Indonesian Journal of Contemporary Education, 1(1), 15–17.

Nabie, M. J., Akayuure, P., Ibrahim-bariham, U. A., & Sofo, S. (2018). Trigonometric concepts : pre-service teachers perceptions and knowledge. Journal on Mathematics Education, 9(2), 169–182.

Nurhayati, N. (2017). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kontekstual melalui metode guided discovery untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 31–44.

Nurmeidina, R., & Djamilah, S. (2019). Pelatihan tips dan trik trigonometri mudah untuk siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 362–365.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasism kompetensi: implementasi model ADDIE. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ratu Sarah Fauziah iskandar, R. A. (2019). Pengembangan bahan ajar trigonometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 759–763.

Risnawati, Amir, Z. & Defi. (2013). Trigonometry module development approach using aptitude treatment and interaction ( ATI ) for education and teacher training faculty students at mathematics. 1st SEA-DR Proceeding, 381–390.

Rohimah, S. M., & Prabawanto, S. (2019). Student’s difficulty identification in completing the problem of equation and trigonometry identities. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(1), 34. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i1.50

Saputro, A. H., Suhartono, & Ngatman. (2012). Penggunaan pendekatan kontekstual dalam peningkatan pembelajaran matematika di Kelas IV SD Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(6).

Sari, V., & Nurfauziah, P. (2019). Development of trigonometry teaching materials with knisley mathematical models. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things (ICSTI), 20 Oktober 2018, Yogyakarta, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2281364

Sugiantara, I. G. P. A., Sadra, I. W., & Suparta, I. N. (2013). Matematika realistik dengan peta konsep pada materi trigonometri di kelas XI SMK. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Weber, K. (2005). Students’ understanding of trigonometric functions. Mathematics Education Research Journal, 17(3), 91–112. https://doi.org/10.1007/BF03217423

Widyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Wulandari, S., & Gusteti, M. U. (2019). Analisis Kesalahan menyelesaikan soal trigonometri siswa kelas X SMA. Math Educa Journal, 4(1), 64–80.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles