VALIDITAS LEMBAR KERJA MATEMATIKA SISWA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.20132Keywords:
LKS Matematika, CTL, Pendidikan LingkunganAbstract
Metode pengembangan ini menggunakan model ADDIE, penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan dan pembuatan produk (development), implementasi (implementasion), evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Sungai Penuh pada kelas VII Dilihat dari observasi langsung di dalam kelas sebagian dari siswa kurang menyukai pembelajaran matematika dan proses pembelajaran belum berpusat kepada siswa guru lebih dominan pada saat proses pembelajaran . hal ini disebabkan kurangnya variasi model atau metode dalam mengajar, dan bahan ajar yang digunakan hanya buku paket yang tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran dirasa siswa kurang bermakna dan membosankan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Pendidikan Lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Pendidikan Lingkungan yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Himpunan di kelas VII SMPN 4 Sungai Penuh. Hasil dari penelitian ini menunjukan LKS matematika sudah valid dan layak digunakan berdasarkan sudut pandang pakar, penggunaan LKS pada proses pembelajaran mampu membuat siswa menjadi aktif dan membuat proses pembelajaran berpusat pada siswa.
References
Apriani, Buyung, & Relawati. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 9 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Branch, Robert Maribe. (2009). “Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer New York Dordrecht Heidelberg London.
Dewi, D. A. (2015). Matematika Hijau Sebagai Salah Satu Upaya Pendidikan Karakter Berwawasan Lingkungan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-38.
Fatimah, A. E., & Purba, A. (2018). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Menggunakan Pendekatan Differentiated Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 4(1), 1-9.
Fiska Komala Sari , Farida, M. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135-152.
Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan kontekstual pada materi lingkaran untuk siswa smp. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 40-48.
Gutstein, E. (2003). Teaching and Learning Mathematics for Social Justice in an Urban , Latino School. Journal for Research in Mathematics Education, 34(1), 37-73.
Habibi, M. (2015). Environment Education In Mathematics Classroom: As an Effort to Develop the Critical Thinking Skills and for Environmental Sustainability Concerning. (May). https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2700.0486
Hanifah, F. N. (2017). Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ( JIPF ) ISSN: 2302-4496 Fikria Norma Hanifah Abstrak Fikria Norma Hanifah Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ( JIPF ) ISSN: 2302-4496 Fikria Norma Hanifah. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 06(03), 60-66.
Islami, A., & Rusliah, N. (2019). Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 187-193.
Putri, W. R., & Madlazim. (2017). Pengembangan LKS Bounded Inquiry Berbasis Laboratorium Nyata dan Laboratorium Virtual Untuk Melatihkan Kompetensi Literasi SAINS-FISIKA Pada Materi Global Warming. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 06(03), 36-43.
Rawa, N. R. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Pendekatan Scientific pada Materi Aritmatika Sosial bagi Siswa SMP. Jurnal Kependidikan, 6(2), 319-328.
Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. ICON UCE, 2-5.
Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 9(2), 165-172.
Setiawan, W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Dengan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah UPT P2M, 2(1), 91-97.
Sudjana dan Rifai Ahmad. (2002). “Media Pembelajaranâ€. Bandung: Sinar Baru, Algenindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung : Alfabeta.
Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Soal-soal Berbasis Budaya Lokal. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 9(01), 1-14.
Yulia, P. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 16 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 5(1).
Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. In Jurnal Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1, pp. 172-179).
Yulia, P., & Ningsih, S. U. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 56-62.
Yulia, P., Febriza, E., & Erita, S. (2021). Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts for Students Class VII SMP. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 207-221.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.