PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE FORMULIR
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v10i2.20016Keywords:
Google Formuli, Media dan Evaluasi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dan evaluasi pembelajaran berbasis google formulir pada materi logika matematika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, dan uji coba produk. teknik pengambilan data adalah wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif persentasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI.AKL di SMK Pasundan 1 Banjar. Subjek penelitian ini adalah sembilan peserta didik. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis google form yang dikembangkan valid, Kevalidan media google form tersebut didasarkan pada hasil validasi ahli media dan ahli materi dengan diperoleh rata-rata skor 33 untuk setiap aspek yang dinilai dan hasil penelitianya menunjukkan 6 orang peserta didik mendapatkan skor di atas KKM. Media evaluasi pembelajaran matematika berbasis google form sudah melalui tahapan validasi ahli media dan ahli materi serta masuk dalam kategori layak digunakan sebagai media evaluasi dan pembelajaran matematika dan mampu memotivasi peserta didik untuk belajar matematika.
Kata Kunci : Google Formulir, Media dan Evaluasi PembelajaranReferences
Kementrian pendidikan dan kebudayaan. Surat edaran no 4. Tahun 2020. Tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid- 19)
Zaenal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Materi Program Linear untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Soenarto. (2003). Metodologi penelitian pengembangan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Umar. 2013. Media pendidikan: peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 10(2).
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003.
Tatik Sutarti. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.
Admin Google. 2018. G suite by Google cloud, formulir. Diakses pada http://www.google.com/intl/id/for m/about/
Dwi Purwati, Alifi Nur Prasetia Nugroho. 2018. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di SMA N 1 Prambanan. Jurnal Istoria. UNY
aisyah trees sandy, anang kadarsah, annisau nafiah, anton kuswoyo, arief syarifuddin, eddy sutadji, estar putra akbar, feiliana tan, hilda susanti, setyabudi irawan, iskandar ahmaddien, jaka darma jaya, khomsatun ni’mah, kurnia dwi artika, laily ulfiyah, m iqbal, marlia adriana, milla milkani omarsaid, mochamad umaryaji, muhammad ghalih, nani ratnaningsih, nurfadilah siregar, nurul fadhilah, puji lestar, riana nurmalasari, rizqie mayasari, sarjono sarjono, ture simamora, wahyu lailatul rohmah, yogabakti adipradana, setiawan setiawan. 2020. di balik wabah covid-19 sumbangan pemikiran dan perspektif akademis
ratnaningsih, n., hidayat, e., & anisa, w. n. (2018). pelatihan pembuatan bahan ajar dengan menggunakan pendekatan saintifik. jurnal pengabdian siliwangi, 4(1).
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.