PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE FORMULIR

Authors

  • Nurhidayat Nurhidayat Nurhidayat universitas siliwangi
  • Nani Ratnaningsih Nani Ratnaningsih universitas siliwangi
  • Khomstun Ni'mah Khomstun Ni'mah universitas siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v10i2.20016

Keywords:

Google Formuli, Media dan Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dan evaluasi pembelajaran berbasis google formulir pada materi logika matematika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, dan uji coba produk. teknik pengambilan data adalah wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif persentasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI.AKL di SMK Pasundan 1 Banjar. Subjek penelitian ini adalah sembilan peserta didik. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis google form  yang dikembangkan valid, Kevalidan media google form tersebut didasarkan pada hasil validasi ahli media dan ahli materi dengan diperoleh rata-rata skor 33 untuk setiap aspek yang dinilai dan hasil penelitianya menunjukkan 6 orang peserta didik mendapatkan skor di atas KKM. Media evaluasi pembelajaran matematika berbasis google form sudah melalui tahapan validasi ahli media dan ahli materi serta masuk dalam kategori layak digunakan sebagai media evaluasi dan pembelajaran matematika dan mampu memotivasi peserta didik untuk belajar matematika.

Kata Kunci : Google Formulir, Media dan Evaluasi Pembelajaran

References

Kementrian pendidikan dan kebudayaan. Surat edaran no 4. Tahun 2020. Tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid- 19)

Zaenal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Materi Program Linear untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Soenarto. (2003). Metodologi penelitian pengembangan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Umar. 2013. Media pendidikan: peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 10(2).

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003.

Tatik Sutarti. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.

Admin Google. 2018. G suite by Google cloud, formulir. Diakses pada http://www.google.com/intl/id/for m/about/

Dwi Purwati, Alifi Nur Prasetia Nugroho. 2018. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di SMA N 1 Prambanan. Jurnal Istoria. UNY

aisyah trees sandy, anang kadarsah, annisau nafiah, anton kuswoyo, arief syarifuddin, eddy sutadji, estar putra akbar, feiliana tan, hilda susanti, setyabudi irawan, iskandar ahmaddien, jaka darma jaya, khomsatun ni’mah, kurnia dwi artika, laily ulfiyah, m iqbal, marlia adriana, milla milkani omarsaid, mochamad umaryaji, muhammad ghalih, nani ratnaningsih, nurfadilah siregar, nurul fadhilah, puji lestar, riana nurmalasari, rizqie mayasari, sarjono sarjono, ture simamora, wahyu lailatul rohmah, yogabakti adipradana, setiawan setiawan. 2020. di balik wabah covid-19 sumbangan pemikiran dan perspektif akademis

ratnaningsih, n., hidayat, e., & anisa, w. n. (2018). pelatihan pembuatan bahan ajar dengan menggunakan pendekatan saintifik. jurnal pengabdian siliwangi, 4(1).

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta

Downloads

Published

2020-12-15

Issue

Section

Articles