PENGARUH MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND SISWA SMA NEGERI DI KOTA TANGERANG

Authors

  • nana indi saputri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v10i2.19807

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah matematis, model generative learning, habits of mind

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model generative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari habits of mind siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA pada kelas X semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain penelitian treatment by level 2×2 yang terdiri dari dua variabel: (1) pendekatan pembelajaran dengan taraf model generative learning dan model konvensional, (2) habits of mind dengan taraf tinggi dan rendah. Sampel sebanyak 96 siswa SMA. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh penerapan model generative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, khususnya untuk siswa yang memiliki habits of mind tinggi, dan terdapat interaksi antara model dan habits of mind terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

References

Alba, F. M. 2013, Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dan MMP terhadap kemampuan pemecahan Masalah, Jurnal Kreano, 4(2).

Costa, A. L. dan Kallick, B. 2008. Learning and Leading With Habits of Mind, Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Cuoco, A., Goldenberg, E. P., and Mark, J. 2010, Contemporary curriculum issues: Organizing a curriculum around mathematical habits of mind, Mathematics Teacher, 103(9): 682-688.

Hakim, A. R. 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Jurnal Formatif, 4(3): 196-207.

Hendriana. H, et al, 2018, The Role of Problem-Based Learning to Improve Students' Mathematical Problem-Solving Ability and Self Confidence, Journal On Mathematics Education, 9(2)

Hyeon. W 2008, “The Effects of Generative Learning Strategy Prompts and Metacognitive Feedback on Learners’ Self Regulation, Generation Process, and Achievement”, Dissertation Instructional Systems.

Korkmaz, S., Dundar, S., Yaman,H. 2016, The Mathematical Habits of Mind in Problem Solving, Turkish journal of computer, 7(1): 35-61.

Masni, E. D. 2017, Asosiasi Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(1): 38-44.

Mawaddah, S. 2015, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP, Jurnal Edu-Mat, 3(2).

Moma, L. 2014, Peningkatan Self Efficacy Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Generatif, Jurnal Cakrawala pendidkan.

Moma, L. 2018, “Pengembangan Habits Of Mind Matematis Mahasiswa Dalam Perkuliahan Geometri Analitik Ruang”, Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika (IAIN Ambon), hal 142-150.

NCTM. 2000, Principles and Standards for School Mathematics.

Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Novitasari, 2018, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Jurnal Prima, 4(2).

Osborne dan Wittrock. 1985, “The Generative Learning Model and Its Implications for Science Education”, in Journal Studies in Science Education v12.

Schraw, G. Bendixen, L. D dan Dunkle. M. E. 2002, “Development and Validation Of The Epistemic Belief Inventory (EBI).” Personal Epistemology: Thepsychology Of Beliefs About Knowledge and Knowing. NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Sodikin, A. 2015, Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui strategi abduktif-deduktif pada pembelajaran matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), hlm 101-110.

Tohari. K. 2010. Peningkatan Kemampuan Problem Solving Melalui Peningkatan Kemampuan Metakognisi. Surabaya: Artikel KEMENAG.

Downloads

Published

2021-02-28

Issue

Section

Articles