ANALISIS KECAKAPAN BERPIKIR RASIONAL : DAMPAK DARI PENERAPAN METODE SOCRATES DAN KECERDASAN MAJEMUK SISWA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v10i2.15899Keywords:
Metode Socrates, Kecakapan Berpikir Rasional, dan Kecerdasan MajemukAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak kecakapan berpikir rasional antara siswa yang diberikan metode socratesdengan siswa yang diberikan metode konvensional, mengetahui dampak antara siswa yang memiliki kecerdasan majemuk terhadap kecakapan berpikir rasional siswa, dan mengetahui Interaksi antara metode socrates dengan kecerdasan majemuk terhadap kecakapan berpikir rasional.Metode penelitian ini penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.Jenis eksperimen penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design.Teknik pengambilan data yang digunakan angket dan tes.Berdasarkan analisis nilai posttestdan skor angket dengan uji anava dua jalur menghasilkan adanya dampak kecakapan berpikir rasional antara siswa yang diberikan metode socrates dengan siswa yang diberikan metode konvensional dengan persentase siswa yang diberikan metode socrates sebesar 53,10%, dan siswa yang diberikan metode konvensional sebesar 46,89%, Adanya dampak antara siswa yang memiliki kecerdasan majemuk terhadap kecakapan berpikir rasional siswa, dan tidak ada interaksi antara sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan masalah kehidupan yang metode socrates dengan kecerdasan majemuk terhadap kecakapan berpikir rasional siswa.
References
Assapari, M. M. (2014). Eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan perkembangannya di era globalisasi. Prasi, 9(18).
Astuti, P. D. (2017). Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma Arjosari. Speed-sentra penelitian engineering dan edukasi, 3(4).
Astuti, R. N. (2012). Model Pembelajaran Connected Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa MI/SD. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(2).
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.
Cahyono, A., Yunarti, T., & Widyastuti, W. (2015). Efektivitas Pembelajaran Socrates Kontekstual dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 3(6).
Elfiadi, E. (2017). Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. Itqan: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 35-52.
Ernawati, E., & Nasir, A. M. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Statistik Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2).
Estuningsih, W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Pada Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya Kelas VA SDN Sidotopo IV/51 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).
Fahreza, F., & Husna, N. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).
Fisher, C. (2010). Discussion, participation and feedback in online courses. ISECON Proceedings, 27, 1382.
HASANAH, U. N., Thahir, A., Komaruddin, K., & Rahmahwaty, R. (t.t.). MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123-1135.
Hayati, S. N., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media simulasi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 48-54.
Madyawati, L., & Si, M. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana.
Nasution, A. R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Strategi Kekuatan Dua Kepala (The Power Of Two) Dalam Pembelajaran Matematika Materi Logaritma Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 7-10.
Nurjannah, A. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Socrates Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).
Nurohman, S. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-teknologi-masyarakat (Stm) Dalam Pembelajaran Ip a Seba Gai Upa Ya Peningkatan Life Skills Peserta Didik. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1).
Pramudita, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 245-255.
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1).
Salamah, F. N., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 28-33.
Septiana, K. G., & Ikhsan, J. (2017). Pengaruh penerapan multiple intelligences dengan model PBL terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 43-52.
Sholeh, K. (2016). Kecerdasan Majemuk Berorientasi pada Partisipasi Peserta Didik. Pustaka Pelajar.
Sholihah, D. A., & Shanti, W. N. (2017). Diposisi Berpikir Kritis Matematis Dalam Pembelajaran Menggunakan Metode Socrates. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(2), 1-9.
Sinta, S. (2017). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PAI: Penelitian Kelas VIII C SMP AL-Hasan Kec. Panyileukan Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Syukur, S. D., Kadir, K., Bey, A., & Prajono, R. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Socrates Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Bombana. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 172-182.
Widyawati, S., Mardiyana, M., & Iswahyudi, G. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9).
Yasin, M., & Netriwati, N. (2019). Analisis Kesulitan Belajar: Dampak Latar Belakang Kejuruan ditinjau dari Proses Pembelajaran Matematika Perguruan Tinggi. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 59-67.
Yulisa, Y., Yunarti, T., & Widyastuti, W. (2015). Disposisi Berpikir Kritis Matematis Dalam Pembelajaran Dengan Metode Socrates Dan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 3(3).
Zulva, R. (2016). Hubungan antara Keterampilan Berpikir Rasional Siswa SMA Dengan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Constructive Feedback. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 61-69.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.