ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI PERBANDINGAN

Authors

  • Eka Hayu Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau
  • Rossa Linna Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau
  • Maimunah Maimunah Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau
  • Yenita Roza Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v9i1.13955

Keywords:

kemampuan koneksi matematis, perbandingan, matematika

Abstract

Koneksi matematis adalah kemampuan mengaitkan konsep-konsep matematika. Kemampuan tersebut membuat pengetahuan siswa lebih mendalam sehingga siswa dapat mengkaitkan konsep-konsep yang dapat digunakan dalam penyelesaian masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Sampel terdiri dari 22 siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Salo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu menghubungkan topik-topik antar matematika dengan persetase sebanyak 90,91%, siswa mampu menggunakan matematika dalam pelajaran lain sebanyak 68,18%, dan siswa mampu menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 81,82%. Kesimpulannya kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP tergolong tinggi. Implikasinya guru harus lebih kreatif merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa untuk lebih meninngkatkan memampuan koneksi matematis siswa pada setiap materi pembelajaran.

Author Biographies

Eka Hayu, Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau

Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau

Rossa Linna, Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau

Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau

Maimunah Maimunah, Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau

Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau

Yenita Roza, Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau

Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau

References

Afifah, Rima Nur. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Bangun Ruang Sisi Lengkung. Seminar Matematika dan Pendidikan

Matematika UNY. M-90

Arwinie, N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Serta SelfConcept Siswa MTS Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi. Bandung: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Azis, Dikri Maulana, Hamida, Nur. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMAN 1 Cisaat. Jurnal Tadris Matematika.

(2), 193-206.

Bahr, D. L & Garcia, L. A. (2010). Elementary Mathematics is Anything

But Elementary: Content and Methods From a Development Perspective. USA: Wadsworth, Cengage Learning.

Bernard, M. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMA Melalui Game Adobe Flash CS 4. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 3, pp. 205-213).

Creswell, J. W. (2013). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Journal of

Chemical Information and Modeling.

Ekawati, Shindy. (2011). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis

Siswa Pada Materi Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 4 Lamasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Pedagogy. Vol. 3, No. 2.

Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau Dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657-666.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Admathedu. Vol. 7, No. 1, 10-11.

Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 47-57.

Linto, R. L., Elniati, S., & Rizal, Y. (2012). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 2, Vol. 1 No. 183-87.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Rohendi, D., & Dulpaja, J. (2013). Connected Mathematics Project (CMP) Model Based on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of Junior High School Student. Journal of Education and Practicetice.

Setialesmana, D., Anisa, W. N., & Herawati, L. (2017). Asosiasi Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematik Mahasiswa Melalui Metode Inkuiri Model Alberta. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 3(2).

Sumarmo, U. (2016). Pedoman Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Matematik. Kelengkapan Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Program Magister

Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi: Tidak diterbitkan.

Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII pada materi teorema Pythagoras. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya [KNIP I], (Knpmp I), 377–384. Retrieved from

http://hdl.handle.net/11617/6978

Widoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2019-06-15

Issue

Section

Articles