PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN POLA BILANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IKRAR BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v9i1.13763Keywords:
pembelajaran IKRAR, pendidikan karakter, kemampuan pemecahan masalah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran IKRAR berorientasi pendidikan karakter serta mendeskripsikan kualitasnya dari segi validitas, kepraktisan dan efektifitasnya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan sikap kerja keras. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain dengan prosedur pengembangan oleh Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Denpasar tahun ajaran 2018/2019. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa dan buku petunjuk guru. Buku siswa yang dimaksud adalah buku matematika yang membahas materi pola bilangan. Penyajian materi disesuaikan dengan langkah-langkah model pembelajaran IKRAR yaitu Inisiasi, Konstruksi-rekonstruksi, Aplikasi, dan Refleksi. Buku petunjuk guru mempunyai komponen-komponen berupa petunjuk penggunaan buku, persiapan mengajar, dan sajian bahan ajar. Data validitas perangkat didasarkan pada pendapat pakar menggunakan lembar validasi perangkat. Data kepraktisan perangkat didasarkan pada data keterlaksanaan perangkat pembelajaran, respon siswa, dan respon guru. Sedangkan data keefektifan perangkat pembelajaran dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang diharapkan. Hasil dari penelitian menggunakan perangkat pembelajaran tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pola bilangan. Karakteristik pada buku siswa antara lain: (1) pada setiap pokok bahasan mengedepankan adanya pembelajaran konstruktivis yang didasarkan atas langkah-langkah IKRAR yaitu inisiasi, konstruksi-rekontsruksi, aplikasi, dan refleksi, (2) pada buku siswa ini, memuat pertanyaan-pertanyaan efektif yang dapat membantu siswa dalam proses pemecahan masalah matematika, (3) pada setiap tahapan pembelajaran menekankan pada karakter kerja keras. Sedangkan buku petunjuk guru memiliki karakteristik: (1) pada setiap pokok bahasan memuat instruksi langkah-langkah pembelajaran yang dapat memudahkan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran, (2) pada buku ini, memuat alternatif-alternatif tindakan serta dilengkapi alternatif penyelesaian.References
Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah aliyah. Jakarta: Depdiknas
Marion, dkk. 2015. Desain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Model Jaring Labalaba di SMP. Jurnal Kependidikan. Volume 45, No 1, Mei 2015
Permendikbud No. 65 Tahun 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, (online), (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud65-2013SI.pdf), diakses 5 Februari 2018
Plomp. 2013. Educational Design Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum Development.
Sudiarta, I Gusti Putu. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif, (online), (https://mafiadoc.com/makalah-model-pembelajaran-inovatif_5a0601e11723dda9e4259470.html), diakses 7 Oktober 2017
Sudiarta, I Gusti Putu. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Ikrar (Inisiasi, Konstruksi-Rekonstruksi, Aplikasi, Refleksi) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, (online), (https://pdflegend.com/download/prosiding-senari2013-rev2_59f9a6eed64ab23ff0425551_pdf), diakses 8 Februari 2018
Undang-undang No 23 pasal 3. 2003. Sistem Pendidikan Nasional, (online). (http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttg sisdiknas.pdf), diakses 1 Juli 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.