IMPLEMENTASI MODEL COOPERAT IF LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 2 BANTU
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12353Keywords:
Cooperatif Learning, Resiliensi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan Resiliensi Matematis dan Hasil Belajar menggunakan Model Cooperatif Learning siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Dikarenakan adanya beberapa siswa kurang antusias ketika pembelajaran matematika, kurangnya keyakinan akan kemampuan pemahaman materi. Adapun metode penelitian Penelitian ini menggunakan jenis metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dikenal dengan Classroom Action Research, dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahapan setiap siklus yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif partisipatif antara peneliti dengan guru Matematika Kelas XI MIPA 3 dan dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Bantul dengan jumlah siswa 29. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan teknik tes. Alat Pengumpul data menggunakan lembar observasi, angket dan tes formatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Pada siklus I rata-rata dari hasil observasi selama proses pembelajaran matematika menggunakan model Cooperatif Learning diperoleh 67,13 % kategori cukup sedangkan pada siklus II sebesar 73,2 % kategori baik. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami kenaikan yang lebih baik. Dari hasil Angket tentang Resiliensi pada siklus I dengan rata-rata 65,04 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 70,11 dengan Baik. Siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, banyak siswa berusaha untuk bisa menyelesaikan tugas. Hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,73 dan nilai rata-rata siklus II adalah 76,67, mengalami kenaikan. Sebagian besar siswa mampu menyelesaikan soal, hanya beberapa siswa kurang lengkap dalam menjawabnya.References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Chouinard, R. & Roy, N. (2007). Relations among competence beliefs, utility value, achievement goals, and effort in mathematics. British Journal of Educational Psychology, 77, 501–517.
Depdikbud. 2014. Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Pasal 1 Ayat 2. Jakarta : Depdikbud.
Grotberg, E. (1995). A Guide to Promoting Resilience in Children: Strengthening The Human Spirit. Benard Van Leer Fondation.
Isjoni. (2009). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung : Alfabeta.
Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta
Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2010^a). Developing Mathematical Resilience. BERA Annual Conference 2010, University of Warwick, 1-4 September 2010.
Johnston-Wilder, S. & Lee, C. (2010^b). Mathematical resilience. Mathematics Teaching, 218, 38-41.
Putri Madinah, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Luas Daerah Segitiga Di Kelas VII Mts Negeri Palu Selatan, AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, Volum 03 Nomor 02, September 2014.
Slavin, Robert. 2015. Cooperative Leraning. Bandung : Nusa Indah.
Sukardjono. 2007. Hakikat dan Sejarah Matematika.Jakarta : Universitas Terbuka
Sumarmo, U. (2015). Resiliensi Matematik. [Online]. Tersedia: http://utarisumarmo. dosen.stkipsiliwangi.ac.id/m ateri/resiliansi-matematikmathematical- resilience/.
Yeager, D. & Dweck, C. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47, 302-314.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.