PENGEMBANGAN BUKU AJAR STATISTIKA BERBASIS SPSS SEBAGAI SELF EDUCATION MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12342Keywords:
Pengembangan, Buku Ajar, SPSSAbstract
Amanah UU RI nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi pasal 41 ayat 1 menyebutkan bahwa sumber belajar pada lingkungan pendidikan tinggi wajib disediakan, difasilitasi, atau dimiliki oleh Perguruan Tinggi sesuai dengan Program Studi yang dikembangkan. Oleh karenanya salah satu sumber ajar yang dapat dikembangkan adalah buku ajar. Salah satu buku ajar yang layak dikembangkan di Perguruan Tinggi adalah buku ajar Statistika. Sebab, Statistika merupakan salah satu komponen penting dalam riset. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar statistika berbasis SPSS agar Universitas memiliki buku ajar mandiri. Model yang digunakan adalah Research & Development yang mengadaptasi model pengembangan Dick & Carey (2009). Data ini dikumpulkan melalui validasi pakar/ahli materi dan media sebanyak 5 orang, serta disebarkan kepada mahasiswa sebanyak 15 orang dengan menggunakan instrumen “Skala Penilaian Kelayakan Buku†Analisa data pada penelitian pengembangan buku ajar dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif (Haryati, 2012). Dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan uji kelompok kecil diperoleh hasil dengan tingkat pencapaian 92,25% dengan kategori valid dan keputusan buku layak untuk digunakan.
References
Arif Sholahuddin. 2011. Pengembangan buku ajar kimia kelas X berbasis reduksi didaktik: uji kelayakan di SMA Negeri kota Banjarmasin. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, vol 17. Nomor 2, maret
Ahmadi, I.K. & Amri, S. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Awaliyah T.2008. Pengaruh Desain Sampul Terhadap Keputusan Pembelian Buku di Toko Gramedia Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga
Borg W.R. & M.D. Gall. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Pearson Education Company Suparman, A. 1993. Materi Pelatihan Applied Aproach untuk Dosen. Jakarta: PAU– PPAI-UT.
Chandra,S. 2016. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual Dengan Tema “Sehat Itu Pentingâ€. Jurnal Universitas Negeri Medan
Depdiknas.2003. Buku pedoman penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Ditjen Dikdasmen.
Hariani, S. 2009. Pengembangan Modul Perkecambahan Biji berbasis Kontekstual. Disertasi. Malang SPs UM
Haryati, S. 2012. Research And Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan.FKIP-UTM, 37 (1):11—26
Modul SPSS. Laboratorium komputer UMM
Muslich, M. 2010. Texbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Parmin. E.P. 2012. Pengembangan Modul Matakuliah Strategi Belajar Mengajar IPA berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,1(1):8-15
Peraturan menteri Nomor 11 tahun 2005 tentang Buku Teks pelajaran
Prof Furqon, Ph.D. 2011. Statistika Terapan untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung
Purwanto.2004. Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta:PT Remaja Rosda Karya
Rachmawati, D.A. 2015. Pengembangan Buku Panduan Memahami Teori Multiple Intelegences dan Implementasinya pada pembelajaran Biologi SMA pada Mata Kuliah
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.