PENINGKATKAN INTERAKSI BELAJAR SISWA SMA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12333Keywords:
persamaan eksponen, NHT, interaksi belajarAbstract
Model pembelajaran yang diterapkan dalam kelas merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Kurangnya interaksi belajar siswa dimungkinkan dapat berpengaruh pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi belajar pada mata pelajaran matematika materi persamaan eksponen dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) Siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Bantul. Sedangkan objek penelitian adalah pembelajaran dengan model pembelajaran NHT  pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Bantul tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan  tes. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran NHT dapat meningkatan interaksi belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019 pada materi persamaan eksponen. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase interaksi belajar pada Siklus I sebesar 74,12% dengan kriteria (baik) meningkat pada Siklus II sebesar 79,72% dengan kriteria (baik)
References
Alie, Nurhayati Husain, 2013. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 SMA Neg. 3 Gorontalo Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruangâ€.Jurnal:Enthropi.Vol.08.No: 01. hal.583-592
Baskoro,Febri; Saputro, Sulistyo; Hastuti, Budi,2013.â€Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Dengan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Dilengkapi LKS Pada Materi Termokimia Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 6 Surakartaâ€.Jurnal: Pendidikan Kimia Vol. 2, No. 2. hal. 85-91
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan, 2010.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Huda,Miftahul.2014.Penelitian Tindakan Kelas :Teori dan Praktik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Inah,Ety Nur, 2015. “Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswaâ€.
Jurnal:Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember. hal: 150-167
Maisyarah.2015. “Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHTâ€. Jurnal :Math Didactic. Vol. 1, No. 2, Mei -Agustus 2015. hal: 125-131.
Mulyasa,H.E. Alie, Nurhayati Husain, 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muttaqin,Arief.2016.â€Interaksi Pengajaran Yang Edukatifâ€.
https://arifmuttaqinblog.wordpress.com/2016/04/11/interaksi-pengajaran-yang-edukatif/ diakses tanggal 20 Oktober 2018 pukul 06.08.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.