PEMBUATAN PETA KONSEP MEMANFAATKAN VISUALISASI GRAFIK PERSAMAAN KUADRAT BERBANTUAN GEOGEBRA

Authors

  • Tundung Memolo SMPN 2 KALIBAWANG

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11123

Keywords:

geogebra, grafik, peta konsep, visualisasi

Abstract

Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) meliputi dua konsep utama, yaitu matematisasi horisontal dan matematisasi vertikal. Matematisasi horisontal melibatkan ekspresi matematis dari masalah kehidupan nyata. Sedangkan matematisasi vertikal melibatkan ekspresi ulang matematika dengan penggunaan simbol. Dalam konteks ini, matematisasi horisontal menggunakan model, grafik dan diagram. Salah satu bentuk representasi dari grafik adalah penggunaan Geogebra. Geogebra adalah perangkat lunak matematika dinamis untuk sekolah yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Kendala yang dihadapi siswa adalah mereka membutuhkan waktu yang lama di dalam membuat sketsa grafik persamaan kuadrat. Akibatnya, para siswa terhambat di dalam menganalisis bentuk kurva dalam beragam nilai. Oleh karenanya, perlu dibuat peta konsep yang dibangun dengan pemahaman siswa itu sendiri melalui pembelajaran dengan menggunakan Geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat peta konsep setelah melihat visualisasi beragam grafik persamaan kuadrat dengan bantuan Geogebra. Metode penelitian ini berdasarkan tujuannya termasuk penelitian dasar yang berguna membuktikan dan menjelaskan sebuah teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grafik fungsi persamaan kuadrat dapat divisualisasi dengan jelas menggunakan Geogebra. Manipulasi nilai a,b, dan c dapat dilakukan pada Geogebra, yang selanjutnya Deskriminan (D) dapat dicari. Selanjutnya dapat dibuat peta konsep yang memvisualisasi hubungan antara nilai a,b,c, atau D dengan grafik persamaan kuadrat. Nilai a memvisualisasi keterbukaan grafik, apakah terbuka ke atas atau ke bawah. Nilai b terkait dengan nilai a yang memvisualisi sumbu simetri. Nilai c memvisualisasi perpotongan grafik dengan sumbu Y, sedangkan nilai D memvisualisasi perpotongan grafik dengan sumbu X, apakah berpotongan ataukah tidak.

.

References

Aktumen, Horzum, &Ceylan, 2013,

Modeling and Visualization Process of the Curve of Pen Point by Geogebra, Jurnal :European Journal of Contemporary Education, vol(4), No 2

Baralos, George. 2012, Concept Mapping As

Evaluation Tool In Mathematics. Jurnal. [online]. Tersedia di http://users.math.uoc.gr/~ictm2/Proceedings/pap451.pdf . Diakses tanggal 10 November 2017

Hohenwarter, Judith & Markus.

,Introduction to Geogebra, [Online], Tersedia di http://math.arizona.edu/~vbohme/Geogebra/introtoGeoGebra.pdf, Diakses tanggal 9 November 2017. USA : NSF Math and Science

Kanginan, Martin. 2004, Matematika

untuk SMU Kelas I, Bandung: Grafindo Media Pratama

Marinkovic, Zorica. 2015, Concept Maps

in Math Teaching, Jurnal, [online]. Tersedia http://elib.mi.sanu.ac.rs/files/journals/vm/57/vmn57p6-8.pdf, Diakses tanggal 10 November 2017

Mwakapenda, Willy. 2003, Concept

Mapping and Context in Mathematics Education, Jurnal, Proceedings of the International Conference The Decidable and the Undecidable in Mathematics Education Brno, Czech Republic

Roulet, Geoffrey & Lazarus, Jill. 2013,

Linking Representations Using Geogebra, Jurnal, [online], Tersedia di http://www.oame.on.ca/main/files/gazettefiles/SelectedGazArt3411.pdf , Diakses tanggal 9 November 2017

Schoenfeld, Alan. 2008, Research methods

in (mathematics) education, Artikel, [online]. Tersedia di https://gse.berkeley.edu/sites/default/files/users/alan-h.-schoenfeld/Schoenfeld_2008%202nd%20edn%20intl%20HBK.pdf, Diakses tanggal 1 Desember 2017

Wibawa, Basuki. 2016, Metode Peneltian

Pendidikan, Tangerang Selatan : Universitas Terbuka

Downloads

Published

2018-06-30

Issue

Section

Articles