PEMBUATAN PETA KONSEP MEMANFAATKAN VISUALISASI GRAFIK PERSAMAAN KUADRAT BERBANTUAN GEOGEBRA
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11123Keywords:
geogebra, grafik, peta konsep, visualisasiAbstract
Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) meliputi dua konsep utama, yaitu matematisasi horisontal dan matematisasi vertikal. Matematisasi horisontal melibatkan ekspresi matematis dari masalah kehidupan nyata. Sedangkan matematisasi vertikal melibatkan ekspresi ulang matematika dengan penggunaan simbol. Dalam konteks ini, matematisasi horisontal menggunakan model, grafik dan diagram. Salah satu bentuk representasi dari grafik adalah penggunaan Geogebra. Geogebra adalah perangkat lunak matematika dinamis untuk sekolah yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Kendala yang dihadapi siswa adalah mereka membutuhkan waktu yang lama di dalam membuat sketsa grafik persamaan kuadrat. Akibatnya, para siswa terhambat di dalam menganalisis bentuk kurva dalam beragam nilai. Oleh karenanya, perlu dibuat peta konsep yang dibangun dengan pemahaman siswa itu sendiri melalui pembelajaran dengan menggunakan Geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat peta konsep setelah melihat visualisasi beragam grafik persamaan kuadrat dengan bantuan Geogebra. Metode penelitian ini berdasarkan tujuannya termasuk penelitian dasar yang berguna membuktikan dan menjelaskan sebuah teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grafik fungsi persamaan kuadrat dapat divisualisasi dengan jelas menggunakan Geogebra. Manipulasi nilai a,b, dan c dapat dilakukan pada Geogebra, yang selanjutnya Deskriminan (D) dapat dicari. Selanjutnya dapat dibuat peta konsep yang memvisualisasi hubungan antara nilai a,b,c, atau D dengan grafik persamaan kuadrat. Nilai a memvisualisasi keterbukaan grafik, apakah terbuka ke atas atau ke bawah. Nilai b terkait dengan nilai a yang memvisualisi sumbu simetri. Nilai c memvisualisasi perpotongan grafik dengan sumbu Y, sedangkan nilai D memvisualisasi perpotongan grafik dengan sumbu X, apakah berpotongan ataukah tidak.
.
References
Aktumen, Horzum, &Ceylan, 2013,
Modeling and Visualization Process of the Curve of Pen Point by Geogebra, Jurnal :European Journal of Contemporary Education, vol(4), No 2
Baralos, George. 2012, Concept Mapping As
Evaluation Tool In Mathematics. Jurnal. [online]. Tersedia di http://users.math.uoc.gr/~ictm2/Proceedings/pap451.pdf . Diakses tanggal 10 November 2017
Hohenwarter, Judith & Markus.
,Introduction to Geogebra, [Online], Tersedia di http://math.arizona.edu/~vbohme/Geogebra/introtoGeoGebra.pdf, Diakses tanggal 9 November 2017. USA : NSF Math and Science
Kanginan, Martin. 2004, Matematika
untuk SMU Kelas I, Bandung: Grafindo Media Pratama
Marinkovic, Zorica. 2015, Concept Maps
in Math Teaching, Jurnal, [online]. Tersedia http://elib.mi.sanu.ac.rs/files/journals/vm/57/vmn57p6-8.pdf, Diakses tanggal 10 November 2017
Mwakapenda, Willy. 2003, Concept
Mapping and Context in Mathematics Education, Jurnal, Proceedings of the International Conference The Decidable and the Undecidable in Mathematics Education Brno, Czech Republic
Roulet, Geoffrey & Lazarus, Jill. 2013,
Linking Representations Using Geogebra, Jurnal, [online], Tersedia di http://www.oame.on.ca/main/files/gazettefiles/SelectedGazArt3411.pdf , Diakses tanggal 9 November 2017
Schoenfeld, Alan. 2008, Research methods
in (mathematics) education, Artikel, [online]. Tersedia di https://gse.berkeley.edu/sites/default/files/users/alan-h.-schoenfeld/Schoenfeld_2008%202nd%20edn%20intl%20HBK.pdf, Diakses tanggal 1 Desember 2017
Wibawa, Basuki. 2016, Metode Peneltian
Pendidikan, Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the AdmathEdu Author Guidelines at http://journal.uad.ac.id/index.php/admathedu/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “tacitly or explicitly“ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the AdmathEdu agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.