TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SISWA SMAN DI SURABAYA

Authors

  • Tri Dyah Prastiti Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UPPBJ UT Surabaya
  • Sri Tresnaningsih Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UPPBJ UT Surabaya
  • Jackson Pasini Mairing Program Studi Pendidikan Matematika UPR

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v8i1.11122

Keywords:

Berpikir Kreatif, Fleksibilitas, Kebaruan, Kefasihan, Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Matematis siswa kelas XI dari SMAN terakreditasi A di kota Surabaya. Peneliti mengembangkan dua masalah matematika materi lingkaran dimana siswa-siswa diminta untuk menyelesaikan dengan cara yang berbeda di setiap masalah. Subjek penelitian ini adalah 186 siswa SMAN 2 Surabaya, dimana kedua masalah yang telah dikembangkan tersebut dibagikan kepada subjek penelitian. Penyelesaian siswa dinilai menggunakan rubrik holistik kemudian diidentifikasi ketercapaian dari tiga indikator berpikir kreatif. Indikator tersebut adalah kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa-siswa tersebut dimana yang tergolong sangat kreatif (TKBK 4), kreatif (TKBK 3), cukup kreatif (TKBK 2),  kurang kreatif (TKBK 1) atau tidak kreatif (TKBK 0) secara berturut-berturut sebanyak 5,4 %; 8,6%; 5,9%, 67,7% dan 12,4%. Dengan kata lain, 80,1% siswa-siswa tersebut tergolong kurang kreatif dan tidak kreatif. Kondisi tersebut terjadi karena kebiasaan penyelesaian siswa-siswa didasarkan pada rumus-rumus yang dipelajarinya di kelas. Banyak siswa yang kurang berani mengembangkan kreatifitas berpikir lebih jauh dari bekal yang sudah dimilikinya.

References

Beck, P., Dworkin, L., Leinwand, S., Rios, J., Rainey, A., and Raith, L. 2000. Mathematics assessment: A practical handbook for grades 6-8. (W. S. Bush, and S. Leinwand, Eds.) Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Bush, W. S., and Greer, A. S. (Eds.). 1999. Mathematics assessment. A practical handbook for grade 9–12. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics Inc.

Charles, R., Lester, F., and O'Daffer, P. 1987. How to evaluate progress in problem solving. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

King, F. J., Goodson, L., and Rohani, F. 2016. Higher order thinking skills, , tersedia di http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf, Diakses tanggal 30 Maret 2016.

Krulik, S., Rudnick, J., and Milou, E. 2003. Teaching mathematics in middle schools. A practical guide. Boston, MA: Pearson Education Inc.

Mahendra, Y. B. 2015. Proses berpikir kreatif siswa kelas XA SMA Negeri 1 Gedangan dalam memecahkan masalah matematika pada materi peluang dengan soal higher order thinking ditinjau dari tingkat berpikir kreatif. MATHEdunesa, 1(4).

Mairing, J. P. 2017. Kemampuan siswa SMA dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel. Aksioma, 15-26.

Mairing, J. P., Budayasa, I. K., and Juniati, D. 2011. Profil pemecahan masalah peraih medali OSN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1): 65–71.

Mairing, J. P., Budayasa, I. K., and Juniati, D. 2012. Perbedaan profil pemecahan masalah peraih medali OSN matematika berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2): 125–134.

Muir, T., Beswick, K., and Williamson, J. 2008. I am not very good at solving problems: An exploration of student’s problem solving behaviours. The Journal of Mathematical Behaviour, 27(3): 228–241.

Polya, G. 1973. How to solve it (2 ed.). Princeton, NJ: Princeton University Press.

Polya, G. 1981. Mathematical discovery: On understanding, learning and teaching problem solving. New York, NY: John Wiley and Sons, Inc.

Posamenteir, A. S., and Krulik, S. 2009. Problem solving in mathematics grades 3–6, powerful strategies to deepen understanding. Thousand Oaks, CA: Corwin A SAGE Company.

Prastiti, T.D. 2009. Implementasi realistic mathematics education (RME) dengan memperhatikan gaya kognitif siswa dan pengaruhnya terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 16(1).

Prastiti, T.D. 2017. Pembelajaran digital untuk pengembangan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika, tersedia di http://fkip.ut.ac.id/index.php/berita/379-ting-ix.

Sa'dijah, C., and Sukoriyanto. 2015. Asesmen pembelajaran matematika. Malang, Indonesia: UM Press.

Siswono, T. Y. 2008. Model pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Surabaya, Indonesia: Unesa University Press.

Sternberg, R. J., and Sternberg, K. 2012. Cognitive psychology (6 ed.). Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning.

Downloads

Published

2018-06-30

Issue

Section

Articles